1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Deretan Makanan Sumber Cairan Bagi Tubuh Agar Tak Dehidrasi

Berikut deretan makanan-makanan alami yang dapat menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

By Azalia Amadea 8 Juli 2016 10:11
Ilustrasi minuman sumber cairan (healthsomeness.com)

Money.id - Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh kehilangan banyak cairan. Umumnya, seseorang mengalami dehidrasi ditandai dengan rasa haus berlebih. Terlebih, Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan intensitas matahari tinggi.

Terkadang mungkin sebagian dari Anda lupa untuk meminum air delapan gelas sehari. Padahal itu, sangat penting agar tubuh tetap mendapatkan cairan. Melansir laman boldsky.com 5 Juli 2016, berikut deretan makanan-makanan alami yang dapat menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

1. Mentimun

Buah yang satu ini memang 95 persennya terdiri dari cairan. Dengan rajin mengonsumsi mentimun setiap hari tubuh akan tetap mendapat cairan yang dibutuhkan.

2. Seledri

Seledri mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting dibutuhkan tubuh. Tapi tak banyak orang yang tahu bahwa sayuran ini ternyata dapat membuat tubuh terhidrasi karena memiliki kandungan air sebesar 95 persen.

3. Tomat

Tomat pada dasarnya memiliki kadar air sebesar 94 persen air, oleh karena itu sangat baik bagi tubuh jika mengonsumsi tomat agar tetap terhidrasi.

4. Lobak

Tak salah jika sayuran yang satu ini menjadi bagian dalam salad, lobak memiliki kandungan air sebesar 94 persen yang cocok untuk mereka yang tinggal di daerah beriklim tropis.

5. Semangka

Buah merah dan manis satu ini merupakan buah yang kaya akan anti-oksidan dan terdiri dari 91 persen cairan. Buah ini juga membuat perut tak mudah lapar, tak heran jika buah ini baik dikonsumsi saat berdiet.

6. Kembang kol

Sayuran yang satu ini juga kaya vitamin yang baik untuk tubuh, kembang kol juga ternyata memiliki kadar air sebesar 91 persen. Sayuran ini juga baik untuk orang yang sedang berdiet.

7. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang memiliki kadar air paling tinggi, sekitar 95 persen. Menjadikan sayur ini pilihan sebagai makan siang atau smoothie yang baik. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section