1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FRESH

5 Cara Ampuh Kembalikan Rambut yang Rusak

Jangan lupa untuk selalu gunakan produk perawatan rambut berbahan....

By Rizki Astuti 25 Juni 2016 11:05
Ilustrasi Perawatan Rambut (Embellishyou.com)

Money.id - Pernah merasa suntuk dengan kondisi rambut Anda? Rambut rapuh, rusak, dan tidak dapat diatur memang kerap dialami oleh banyak wanita.

Memang tidak seperti kulit, folikel (struktur kulit di mana rambut akan tumbuh) rambut tidak bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Untuk itu rambut yang rusak relatif sulit. Namun jangan khawatir, karena saat ini banyak sekali perawatan yang dapat mengembalikan rambut menjadi indah dan sehat.

Melansir dalam laman Boldsky, Kamis 23 Juni 2016, berikut lima tips yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki rambut yang rusak.

1. Jauhi Perlengkapan Styling

Perlengkapan styling rambut, seperti catok rambut dan pengeriting rambut biasanya menggunakan alat yang mengantarkan suhu panas. Biasanya alat tersebut justru mengakibatkan kerusakan rambut yang tidak bisa diperbaiki lagi.

Jadi, untuk mencegah rambut menjadi rusak, Anda bisa mulai dari jauhi alat tersebut.

2. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Ringan

Produk rambut berbahan kimia dapat melemahkan folikel rambut dan membuat rambut tampak rapuh. Bahkan, beberapa ahli telah menyebutkan penggunaan berlebihan dari produk keras menjadikan rambut beresiko kebotakan.

Untuk itu sangat penting untuk memilih pewarna rambut, shampo, dan kondisioner dengan bahan-bahan yang ringan.

3. Gunakan Bahan-bahan Tradisonal

Merawat rambut dengan cara tradisional terkadang lebih membutuhkan waktu. Namun ini terlah terbukti sangat efektif bahkan sejak zaman kuno.

Perawatan rambut tradisional seperti menggunakan telur, madu dan buah-buahan bisa meningkatkan kesehatan dan penampilan rambut Anda.

Bahkan dengan bahan-bahan tersebut Anda bisa membuat masker sendiri. Karena masker dari bahan alami juga akan mengembalikan keseimbangan pH rambut Anda dan memelihara rambut dari atas hingga akar rambut.

4. Perawatan dengan Minyak

Cara ini agak sederhana dalam merawat rambut rusak. Karena menggunakan minyak alami seperti, minyak kelapa, minyak jarak, dan minyak zaitun untuk menyehatkan dan memberi kelembapan rambut.

Caranya, hangatkan semangkuk kecil minyak tersebut dalam microwave. Oleskan di seluruh kulit kepala dan biarkan semalam. Rawat folikel rambut Anda dengan cara tradisional ini untuk memperbaiki kerusakan rambut secara alami dan hasilnya justru akan membuat rambut tampak cantik.

5. Gunakan Penutup Kepala

Selama ini orang hanya fokus pada melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Namun, sangat sedikit orang yang mau melindungi rambut mereka dari sinar UV.

Jika Anda termasuk orang yang aktif di luar ruangan, jangan lupa untuk gunakan selalu penutup kepala agar menutupi rambut dari sinar matahari dan polusi. (dwq)

Baca Juga

 

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section