1. HOME
  2. FRESH
TIPS SEHAT

Gangguan Kesehatan Ini Sering Muncul Saat Mudik

Ada 5 gangguan kesehatan, apa saja?

By Dian Rosalina 6 Juli 2016 08:07
Ilustrasi Memiliki Gangguan Kesehatan

Money.id - Berpergian jauh seperti mudik tentu memerlukan stamina yang kuat. Sebab selama beberapa jam Anda harus duduk dalam waktu lama, di dalam kendaraan pribadi atau umum.

Dalam posisi itu sangat mungkin stamina menurun, hingga mengganggu kesehatan. Jadi sebelum mudik, pastikan kesehatan terjaga dan waspada pada gangguan yang sering menyerang para pemudik.

Apa saka? Berikut daftarnya seperti dikutip laman Cek Aja, Kamis 7 Juli 2016.

Mabuk Laut
Adalah masalah umum yang menyerang mereka yang mudik menggunakan kapal laut. Gejala gangguan kesehatan ini sering dialami oleh orang yang tak terbiasa dengan gelombang laut.

Bila Anda baru pertama kali mudik menggunakan kapal laut, sebaiknya menyediakan obat anti mabuk dalam perjalanan mudik. Anda juga bisa menyiapkan buah-buahan dengan rasa asam seperti asam jawa, jeruk, dan sebagainya untuk meredakan mabuk.

Diare
Penyakit lain yang muncul saat musim mudik adalah diare. Salah satu penyebabnya adalah mengonsumsi makanan yang tidak higienis. Para pemudik umumnya tak mempedulikan makanan yang dimakan selama perjalan mudik. Untuk menangkal diare, konsumsilah teh pahit.

Dehidrasi
Ya, tak bisa dipungkiri dehidrasi sering menyerang para pemudik. Terlalu lama di dalam mobil dan angkutan umum dengan cuaca panas ditambah kurang minum, membuat Anda kurang asupan cairan. Sediakan setidaknya beberapa botol air di dalam mobil atau yang Anda bawa selama perjalanan.

Masuk Angin
Gangguan ini biasanya muncul ketika Anda lelah menyetir, kurang tidur, dan berbagai hal yang bisa membuat kondisi tubuh menurun drastis. Masuk angin sering kali menyerang para pemudik motor.

Radang Tenggorokan
Saat mudik, Anda sudah pasti kurang beristirahat. Selain itu, keinginan untuk mencicipi makanan khas sampai makanan populer di sepanjang perjalanan membuat tenggorokan Anda mudah sakit. Jadi selama perjalanan mudik usahakan makanlah makanan yang tidak mengandung minyak dan pedas. (els)

 

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section