1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Cara Bikin Donat Goreng Mulus dan Mengembang

Pastikan adonan donat benar-benar telah diuleni hingga kalis sebelum akhirnya dicetak.

By Azalia Amadea 2 Maret 2016 11:33
Ilustrasi sajian donat (Foto: youtube.com)

Money.id - Donat merupakan salah satu camilan berbahan dasar terigu yang dapat dijadikan sebagai sumber zat tenaga. Sajian bulat ini sangat mudah untuk dikreasikan dengan berbagai topping.

Dalam membuat donat tidaklah terlalu sulit hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama saat menguleni adonannya. Pada umumnya, membuat donat membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto: youtube.com

Untuk membuat sajian donat goreng yang mulus dan mengembang ada teknik khusus yang harus dilakukan. Berikut tips menggoreng donat agar sajian donat dapat terlihat mulus dan mengembang sempurna.

1. Pastikan adonan donat benar-benar telah diuleni hingga kalis sebelum akhirnya dicetak.

2. "Pastikan minyak goreng sudah panas ketika akan menggoreng donat," kata Etman Yonata, baker Bogasari yang ditemui Money.id dalam acara relaunching Tepung Premiks Chesa di Jakarta, Rabu 2 Maret 2016.

Menurut Etman, untuk memastikan minyak goreng sudah panas dengan tepat dapat melakukan percobaan dengan menyelupkan sedikit adonan ke dalam penggorengan.

Adapun cara lain dengan mencelupkan spatula kayu dan pastikan telah keluar buih-buih di sekitar spatula tersebut.

3. Ketika menggoreng donat, jangan terlalu sering membolak-balik donat agar dapat membentuk cincin secara sempurna. Cara tersebut juga dapat membuat tampilan donat menjadi mulus dan mudah mengembang.

Untuk membuat sajian donat Anda semakin menarik, tambahkan topping gula halus atau dengan mengoleskan mentega lalu taburi dengan meises warna warni. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section