1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Tips Membuat Bolu Kukus Merekah Sempurna

Balut tutup panci dengan menggunakan kain atau serbet, agar uap air tidak menetes ke permukaan kue.

By Azalia Amadea 1 Maret 2016 12:50
Ilustrasi sajian bolu kukus merekah (Foto: youtube.com)

Money.id - Kue bolu kukus adalah salah satu kue tradisional khas Nusantara yang pupuler. Kue yang termasuk jajanan pasar ini bentuknya menyerupai bunga yang sedang merekah.

Tekstur bolu kukus sangat lembut dan bercita rasa manis. Kue ini juga memiliki kemiripan bentuk dengan kue mangkok merah muda. Namun untuk membuat bolu kukus sering kali mengalami kegagalan karena tidak dapat merekah sempurna.

Terkadang bagi mereka yang tidak tahu tips membuat bolu kukus, kue itu akan menjadi  sajian bolu kukus tersebut menjadi keras alias bantat.

Berikut ada tips membuat bolu kukus agar terasa lembut dan merekah sempurna seperti bunga.

Foto: farahquinn.com

1. Setelah adonan siap dikukus persiapkan panci kukusan dengan baik karena teknik pengukusan yang benar lah yang dapat membuat bolu kukus Anda merekah sempurna.

"Perhatikan air saat untuk mengukus, jangan menggunakan air terlalu banyak" kata Etman Yonata, baker Bogasari yang ditemui Money.id dalam acara Relaunching Tepung Premiks Chesa di Jakarta, Senin 29 Februari 2016.

2. Saat memasukan adonan kue bolu kukus masukan satu per satu perlahan dan berilah jarak antar cetakan agar bolu dapat mengembang dan merekah sempurna.

3. Perhatikan juga tutup panci pengukusan. Balut tutup panci dengan menggunakan kain atau serbet, agar uap air tidak menetes ke permukaan kue.

4. Jangan sering membuka tutup panci selama mengukus. Hal tersebut dapat membuat adonan kue tidak terkukus sempurna dan menjadi bantat.

Setelah mengetahui tips berikut Anda dapat membuat bolu kukus yang merekah sempurna dan tidak lagi bantat.

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section