1. HOME
  2. FOODILICIOUS
LOGO

Evolusi Logo Minuman Penyegar 'Raksasa' Pepsi

Saat Perang Dunia I, Pepsi-Cola mengalami kerugian karena adanya penjatahan gula. Krisis gula melanda hingga...

By Stella Maris 3 November 2015 20:13
Logo Pepsi (logoswikia.com)

Money.id - Pepsi merupakan salah satu merek minuman ringan berkarbonasi yang populer hingga saat ini. Salah satu alasan Pepsi masih eksis adalah logo produk yang berhasil memikat konsumen.

Logo tersebut dirancang oleh Celeb Bradham, seorang apoteker lulusan University of North Carolina. Dengan tulisan berwarna merah bertuliskan Pepsi-Cola, Bradham berhasil menjadikan nama itu sebagai merek dagang resmi.

(Pepsistore.com)

Seiring berjalan waktu, perusahaan tersebut semakin besar, popularitas minuman penyegar tersebut meningkat. Bisnis Bradham mulai tumbuh, dan dia memutuskan memodifikasi desain Pepsi-Cola pada 1906 dengan menyertakan slogan "The Original Pure Food Drink".

Dalam laman Pepsistore.com, saat Perang Dunia I, Pepsi-Cola mengalami kerugian karena adanya penjatahan gula. Krisis gula melanda hingga membuat Bradham bangkrut dan asetnya diakuisisi oleh Loft.Inc.

Mulai inovasi
Pemilik baru berinovasi dengan menggandakan jumlah minuman dengan harga 10 sen. Keputusan itu dikeluarkan sejak slogan Pepsi-Cola diganti dengan "Refreshing & Heatlhful" yang ditambahkan pada kemasan botol. Namun tidak berlangsung lama dan akhirnya Pepsi-Cola kembali menggunakan logo lama.

(Logo Pepsi awal/Famouslogos)

Perubahan logo sering terjadi pada tahun 1940-1950. Mulai dari desain logo embos yang ada pada botol 300 ml, adanya gambar mahkota pada tulisan Pepsi-Cola, hingga perubahan warna tutup botol menjadi merah, putih, dan biru yang terinspirasi dari perang negara.

Perubahan lain muncul pada 1962, ketika kata 'Cola' dihilangkan dan dua tanda bulls-eye yang melingkari tulisan 'Pepsi'. Tak berhenti sampai di situ,  logo Pepsi berubah lagi untuk merayakan ulang tahunnya ke-100. Namun, Pepsi masih mengandalkan lingkaran.

Logo 'tiga dimensi'
Pepsi sudah hidup di lebih dari satu abad. Dengan mengimbangi kemajuan teknologi dan tren, desain logo Pepsi masih mempertahankan keunikannya, seperti kombinasi warna, bentuk, dan gaya tulisan.

Logo Pepsi terdiri dari tiga dimensi alam. Telihat dari bentuk bola yang utuh, digambar dengan dua warna yang berbeda, kedua adanya pusaran di tengah yang memisahkan dua lingkaran keseluruhan. Kemudian gaya tulisan muncul bersama lingkaran yang memberikan tampilan logo sederhana namun tetap menarik.

(Perubahan logo Pepsi/Famouslogos)

Bukan hanya itu, keindahan logo Pepsi tersembunyi dalam penggunakan dua warna yang berbeda kontras. Gaya tulisan Pepsi ditulis dalam warna putih sedangkan bagian atas belahan adalah warna merah, dan yang bawah warna biru. Dengan warna biru dikombinasikan warna merah, logo tersebut menghasilkan tontonan yang sangat menggoda dan menantang konsumen untuk mencicipi Pepsi.

Terakhir adalah sentuhan gaya tulisan Pepsi. Logo Pepsi menggunakan gaya tulisan yang sederhana namun elegan dan menonjol, yaitu penggunaan italicized roman type face. Perubahan logo terakhir Pepsi pada 2005 dan menuai kritikan tajam dari konsumennya, karena logo dianggap kurang menarik. (ita)


(sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section