1. HOME
  2. DIGITAL
LOGO

Sejarah Logo Toko Online Terbesar di Dunia, eBay

Logo awal eBay sudah sangat dikenal, maka perubahannya bisa berisiko menajdi blunder.

By Adhi 3 November 2015 19:00
Logo eBay (ebay.com)

Money.id - eBay Inc. adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang merupakan e-commerce terbesar di dunia. Di dalamnya tersedia berbagai layanan toko online seperti lelang online, jual beli barang, serta jasa dari berbagai penjuru dunia.

Perusahaan yang bermarkas di San Jose, California ini didirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995 dan telah beroperasi di lebih dari 30 negara.

Awalnya, situs milik Echo Bay Techonolgy Group ini adalah firma konsultasi Omidyar. Ia pernah mencoba mendaftarkan nama domain echobay.com, namun domain itu ternyata sudah dimiliki oleh perusahaan tambang emas Echo Bay Mines. Sehingga pria keturunan Perancis-Amerika tersebut memilih menyingkatnya menjadi eBay.com.

Awalnya logo asli perusahaan ini adalah motif sederhana dalam font Auction hitam berbentuk miring berwarna hitam putih. Logo ini dikenal dengan sebutan "Death Bar Logo."

Dilansir laman Famous Logos, logo lama eBay menggambarkan perusaahan yang selalu siap menerima perubahan positif. Huruf B di logo tersebut tidak saja menampilkan bentuk kapital namun menggambarkan nama perusahaan.

Desainer logo eBay dari CKS group, Billy Cleary, merasa huruf kapital B terlihat menghambat ditengah logo sehingga mereka juga mengganti hutuf Y menjadi kapital juga. Tatanan hurufnya agak sedikit berantakan atau tidak rata seperti zig zag. Warna dasar logo eBay yaitu merah, biru, kuning dan hijau menandakan hiburan, antusiasme dan energi yang besar.

Setelah 17 tahun lamanya, eBay akhirnya mengganti logonya pada tahun 2012 lalu. Dalam logo terbarunya, huruf-huruf eBay menjadi terlihat lebih rapi. Lalu toning yang ada dibawah logo dimaksudkan untuk menunjukkan perubahan kinerja eBay dengan tanda yang ramping mewujudkan suatu yang bersih, lebih modern, dan konsisten akan pengalaman.


Menurut presiden eBay Devin Wenig, pergantian logo eBay tidaklah mudah, karena logo tersebut telah dikenal di seluruh dunia.

"Logo eBay sudah terkenal di seluruh dunia, sehingga mengubahnya bukan suatu keputusan yang mudah. Namun kami telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan ebay jauh lebih baik dengan gaya penjualan lelang saat ini," ujar Wenig.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section