1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

5 Kombinasi Makanan yang Baik jika Dikonsumsi Bersamaan

Makanan-makanan ini jika dikonsumsi bersamamaan, disebut sebagai 'Sinergi Makanan.'

By Azalia Amadea 24 Desember 2015 10:28
Ilustrasi sinergi makanan (Foto: phreshproducts.com )

Money.id - Setiap makanan terutama sayur-sayuran dan buah-buahan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sayur dan buah banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk daya tahan serta sistem pencernaan tubuh.

Tak hanya sayur dan buah yang bermanfaat untuk tubuh, bumbu dapur atau rempah-rempah juga baik untuk proses detoksifikasi tubuh. Makanan-makanan tersebut ternyata akan semakin bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi bersamamaan, hal ini disebut sebagai 'Sinergi Makanan.'

Dilansir dalam laman health.com, Kamis 24 Desember 2015 berikut 5 makanan yang akan semakin bermanfaat baik bagi tubuh jika dikonsumsi bersamaan.

1. Kedelai hitam + Paprika merah

Kedelai hitam merupakan sumber zat besi, "hanya 2 persen sampai 20 persen makanan alami yang mengandung zat besi nabati. Zat besi alami ini baik untuk pencernaan Anda" menurut Cynthia Sass, RD, MPH, Health's contributing nutrition editor.

Jika kedelai hitam dimakan bersamaan dengan paprika merah, akan menghasilkan makanan yang kaya vitamin C serta zat besi nabati. Anda dapat membuat hidangan dengan saus tauco yang di dalamnya dicampurkan potongan paprika.

2. Tomat + Minyak zaitun

Minyak zaitun tebukti bermanfaat bagi kesehatan jantung, meningkatkan kolesterol baik, dan dapat menyubat arteri untuk menolak penyerapan kolesterol jahat.

Sebuah studi kodekteran pada tahun 2000 menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dan minyak zaitun bersamaan mampu menangkal tubuh dari radikal bebas. Minyak zaitun meningkatkan aktivitas antioksidan dari likopen dalam tomat. Anda dapat mencobanya dengan cara menumis tomat dengan minyak zaitun.

3. Salmon + Sawi hijau

Salmon kaya akan kandungan vitamin D, yang membantu menyerap kalsium yang baik bagi tulang serta saluran pencernaan ke dalam darah. Vitamin D juga didapat dari serapan cahaya matahari.

Anda dapat memanggang ikan salmon, dan melengkapi menu makan Anda dengan memasak tumisan sawi hijau. Makanan tersebut selain sehat, kaya akan kalsium yang baik untuk tulang.

4. Teh hijau + Lada hitam

Jika Anda lupa menambahkan gula atau madu ke dalam seduhan teh hijau Anda, cobalah untuk menggantinya dengan mencelupkan 2 atau 3 butir lada hitam . Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan perlindungan dari kanker.

Namun lada hitam yang mengandung piperine, dapat membantu fungsi antioksidan lebih bekerja secara baik untuk tubuh. Jika Anda tidak ingin teh Anda terasa pedas, ramuan ini dapat Anda gunakan dalam air rebusan daging atau seafood yang ingin Anda olah.

5. Dark coklat + Apel

Makanan ini tidak hanya memuaskan hasrat Anda akan makanan yang manis, apel dan dark cokelat berpotensi meningkatkan kesehatan jantung. Dalam kulit apel mengandung quercetin - flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Anda dapat mencoba memakannya dengan cara mencelupkan irisan apel ke dalam lelehan dark cokelat. Pilihlah dark cokelat karna memiliki banyak kandungan murni dari kakao.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section