1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

Ini Keuntungan Bisnis Rumah Kos di Kota Besar

Lokasi strategis, dekat dengan perkantoran maupun kampus, menjadikan bisnis ini besar.

By Dwifantya Aquina 6 Oktober 2015 17:33
Ilustrasi rumah kos (desaingambar.com)

Money.id - Usaha rumah indekos adalah salah satu alternatif yang dapat dilakukan bagi mereka yang tinggal di kota besar. Selama Jakarta masih menjadi pusat arus urbanisasi, usaha rumah kos ini akan tetap diminati.

Terbukti, meskipun dunia ekonomi sempat diguncang krisis global beberapa waktu lalu, namun tak berpengaruh sedikitpun terhadap peminat rumah kos.

Fenomena urban masyarakat sekarang yang mencari pekerjaan di luar kota, atau menimba ilmu di luar kota merupakan faktor yang menyebabkan mengapa bisnis rumah kos-kosan ini laku keras dan menguntungkan. Menjalankan bisnis ini tak perlu mengontrol seharian layaknya bisnis toko konvensional, karena prosesnya bisa dijalankan otomatis tanpa perlu kehadiran pemilik kos.

Usaha rumah kos merupakan bisnis sampingan yang menggiurkan karena bisa jadi pendapatan dari usaha ini jauh lebih besar daripada gaji bulanan yang Anda dapatkan. Sementara, besar-kecilnya pendapatan dari usaha rumah kos ini tergantung seberapa banyak jumlah kamar atau rumah yang disewakan dan banyaknya orang yang menyewa kamar atau rumah tersebut.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis indekos seperti dikutip Money.id dari berbagai sumber.

1. Modal awal

Untuk membuka bisnis sampingan kos-kosan, Anda membutuhkan modal yang cukup besar. Modal ini digunakan untuk membuat beberapa petak kamar yang hendak disewakan nantinya. Jika Anda memiliki sebidang tanah yang cukup luas, modal yang Anda keluarkan relatif lebih sedikit dari pada yang belum memiliki tanah. Kenaikan harga bahan bangunan tiap tahun, tak menyurutkan masyarakat untuk membuat rumah atau bangunan, bahkan setiap tahun cenderung meningkat karena bisnis ini bisa dijadikan sebagai dana pensiun Anda di hari tua.

2. Lokasi strategis

Orang yang membutuhkan indekos biasanya para pekerja atau mahasiswa dari luar kota. Tak banyak orang menyewa kamar kos dalam jangka waktu lama, karena kebutuhan akan kamar kos sebenarnya hanya untuk tempat tidur dan menyimpan barang bawaan. Kehadiran para penyewa kos tidak akan melebihi dari 10 jam karena aktivitas di luar, apalagi seorang mahasiswa yang memiliki jadwal padat. Terlepas dari kebiasaan ataupun kondisi penyewa kamar kos, tentunya Anda harus mencari tempat strategis yang dekat dengan perkantoran ataupun kampus.

3. Tidak perlu keahlian khusus

Untuk menjalankan bisnis indekos, Anda tidak dituntut untuk memiliki keahlian atau ketrampilan khusus dalam berbisnis. Cukup sediakan modal awal, lalu Anda bisa tetap bekerja di luar rumah dan Anda akan mendapatkan “gaji pasif” tiap bulan tanpa bersusah payah bekerja di luar rumah.

4. Perawatan mudah

Yang namanya bisnis, baik itu bisnis sampingan, bisnis rumahan, bisnis online, maupun bisnis nyata, tetap membutuhkan perawatan yang baik setiap harinya agar memberikan kenyamanan dan membuat betah penghuni. Nah untuk bisnis kos ini perawatan yang harus dijaga sangatlah mudah. Anda bisa menyuruh atau menugaskan karyawan untuk bersih-bersih rumah, membayar tagihan listrik, membersihkan kamar mandi dan mengelola sampah. Para penyewa pasti akan merasa senang jika kamar atau rumah yang ia sewa selalu bersih, sedangkan para penyewa tidak memiliki waktu untuk membersihkan area kos karena keterbatasan waktu sehingga pemilik kos lah yang bertanggung jawab akan kebersihan indekos tersebut.

5. Tidak perlu datang setiap hari

Bisnis rumah kos tidak memerlukan kehadiran Anda setiap hari untuk memantau jalannya bisnis, sehingga Anda tetap bisa bekerja di luar rumah. Dengan kelebihan inilah, bisnis rumah kos bisa dijadikan usaha sampingan menggiurkan yang menjanjikan. Terlebih jika Anda menginginkan dana pensiun dini, maka ini merupakan solusi tepat .

Usaha rumah kos mampu mendatangkan pemasukan tetap tiap bulan. Maka, mempertahankan layanan dan membuat penghuni merasa nyaman adalah suatu keharusan. Untuk pengusaha rumah kos yang ingin meningkatkan pendapatan, menambah jumlah kamar kos akan lebih baik dibanding menaikkan tarif sewa kamar kos.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section