1. HOME
    2. FINANCE
MONEY TUESDAY

Indomaret dan Alfamart, "Singa" Ritel Berebut Kekuasaan di Indonesia

Alfamart dan Indomaret bersaing untuk menarik hati konsumen, kedua pihak sudah mengenal satu sama lain.

By Desy Afrianti 19 Januari 2016 15:35
Logo Indomaret dan Alfamart/Wikipedia

Money.id - Bisnis ritel waralaba di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Banyak ritel khususnya minimarket yang tersebar di kota-kota besar. Tidak heran di setiap perempatan kita menemukan minimarket. 

Ada dua raksasa ritel waralaba yaitu Alfamart milik PT Sumber Alfaria Trijaya, dan rival abadinya Indomaret dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, salah satu anak perusahaan Salim Group.

Sejarah

Indomaret

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas toko penjualan kurang lebih 200 M2. Indomaret menggunakan motto "mudah dan hemat".

Dikutip dari wikipedia.org, cikal bakal pembukaan gerai Indomaret adalah di Kalimantan, dan toko pertama mereka dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia.

Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan sebagai perusahaan waralaba dari Presiden Megawati Soekarnoputri.

Hingga 2014, Indomaret telah memiliki 10.600 gerai. Dari total itu 60 persen gerai adalah milik sendiri dan sisanya milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabodetabek, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.

Pada awal tahun 2011, Indomaret mengubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya.

Alfamart

PT Alfa Mitramart Utama didirikan oleh PT Alfa Retailindo 27 Juni 1999, Tbk dan PT Lancar Distrindo.

Toko pertamanya dengan nama Alfa Minimart didirikan pada 18 Oktober 1999 di Jalan Beringin Raya, Karawaci, Tangerang.

Pada 1 Agustus 2002, kepemilikan PT Alfa Mitramart Utama beralih ke PT Sumber Alfaria Trijaya yang sahamnya dimiliki oleh PT HM Sampoerna, Tbk (70 persen) dan PT Sigmantara Alfindo (30 persen).

Mulai 1 Januari 2003, nama Alfa Minimart berubah menjadi Alfamart. Pada bulan Januari 2009, PT Sumber Alfaria Trijaya menggelar penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO).

Alfamart memiliki 10.666 jaringan minimarket yang terdiri dari milik sendiri sebanyak 7.596 unit dan minimarket bentuk kerjasama waralaba sebanyak 3.070.

 

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section