1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

IFW Digelar, Pemerintah Siapkan Dana Ratusan Triliun

Komisi VI DPR RI akan gelontorkan dana Rp100 triliun dan Rp120 triliun dari pemerintah untuk mendukung UKM.

By Dian Rosalina 10 Maret 2016 15:51
Indonesia Fashion Week (Facebook)

Money.id - Perhelatan mode terbesar, Indonesia Fashion Week (IFW) resmi dibuka hari ini, Kamis 10 Maret 2016 di Plennary Hall, Jakarta Convention Center (JCC). Tahun ini, IFW mengangkat tema budaya dengan harapan mampu membantu para desainer, dalam memasarkan hasil karyanya. 

"Acara ini bertujuan mengakomodasi desainer pusat maupun daerah dan membantu memasarkan lokal maupun global. Semoga lewat Indonesia Fashion Week, bisa membawa fashion Indonesia di mata lokal dan dunia," kata Presiden IFW Poppy Darsono. 

Dalam acara ini, turut hadir perwakilan dari pemerintah yaitu Ketua DPD Jakarta, Irman Gusman, Komisi VI DPR RI, Hafiz Thohir, Perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, Aa Gede Ngurah Puspayoga dan Perwakilan Kementerian Perindustrian, Saleh Husain. 

Senada dengan Poppy, pemerintah menilai perhelatan mode terbesar di Indonesia ini merupakan langkah awal bagi Tanah Air agar menjadi pusat fashion di Asean, Asia, bahkan mancanegara. Dukungan pemerintah diberikan lewat penyaluran dana untuk sektor riil bidang UKM khususnya Fashion.

"Kami dari Komisi VI DPR RI sangat mendukung UKM lokal dan swasta. Kami sedang merencanakan untuk menggelontorkan Rp100 triliun untuk UKM. Oleh karena itu, kami akan mendukung penuh acara ini agar bisa menjadi agenda nasional dan mendukung menjadi event internasional" kata Hafiz Thohir dalam sambutannya. 

Selain itu Aa Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, mereka juga ikut membantu para UKM demi menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion.

"Kami akan memberikan bunga murah. Kredit usaha sekarang sudah turun menjadi sembilan persen. Ini bertujuan untuk menggeliatkan para pelaku UKM bidang fashion, agar sektor ekspor lebih maju," jelas Aa Gede.

Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mewakili Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, bahwa banyak UKM di daerah yang memiliki produk yang bisa di tampilkan. Ia berharap lewat IFW 2016, semakin banyak desainer yang menampilkan corak budaya Indonesia dan berkarakter.

"Dengan adanya IFW ini kami berharap bisa membantu pertumbuhan ekonomi, dan membuka banyak lapangan pekerjaan nantinya. Pemerintah akan memberikan dana Rp120 triliun untuk para pelaku UKM. Kedepannya kami berharap Indonesia bisa menjadi pusat mode di Asia bahkan di dunia," kata Puan.

Sementara itu, pada pembukaan ini turut menampilkan parade desainer dari era 1980-an sampai masa kini, seperti Iwan Tirta, Poppy Darsono, Chossy Latu, Ghea Panggabean. Ada pula Samuel Wattimena, Itang Yunaz, Ida Royani, Corrie Mastubi, Adji Notonehoro, Musa Widyatmoko, Priyo Oktaviano, Mel Ahyar, Dian Pelangi, Ria Miranda, Ardistia newyork, Yosep sinoharsono, dan Dajyo Hiyoji. (els/dwq)

(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section