1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Inilah Kesalahan yang Bisa Merusak Jeans dan Sering Dilakukan

Beberapa orang yang memiliki banyak celana jeans ternyata belum mengerti cara merawatnya dengan baik.

By Dian Rosalina 9 Maret 2016 10:23
Celana Jeans (www.elle.com)

Money.id - Jeans adalah fashion item yang selalu menjadi favorit setiap orang, mungkin termasuk Anda. Namun beberapa orang yang menjadikannya sebagai tampilan busananya sehari-hari ternyata tidak tahu cara merawatnya dengan benar.

Hal tersebut sering kali membuat celana jeans mereka menjadi cepat rusak. Dikutip dari Gurl.com, Rabu 9 Maret 2016, beberapa dari Anda mungkin langsung melemparkannya ke mesin cuci setiap tiga sampai empat minggu sekali.

Tidak hanya itu, Anda pun mencampurnya dengan baju-baju lainnya untuk menghemat waktu. Tahukah Anda, kegiatan tersebut ternyata bisa merusak bahan jeans Anda. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang tanpa sadar membuat jeans kesayangan Anda berakhir di tumpukan baju bekas.

Tak perhatikan cara mencuci

Tidak seperti bahan pakaian lainnya, mencuci jeans tidak bisa sembarangan. Jika itu terjadi, Anda bisa melihat dari kulit jeans yang mulai putih, warna yang memudar, bahkan menyusut.

Tetapi terlepas dari semua itu, Anda harus memeriksa label yang ada di celana Anda sebelum melemparnya ke mesin cuci bersama pakaian Anda yang lain. Meski terkesan repot, namun demi mempertahankan celana jeans yang agak mahal tidak apa, bukan?

Mencuci terlalu sering

Ya, sebagai wanita masalah yang sering dihadapi saat memakai celana adalah cepat bau. Mungkin karena keringat berlebih di bagian bokong.

Oleh karena itulah, banyak di antara Anda mungkin akan sering-sering mencucinya untuk menghindari bau. Tetapi sebenarnya, jeans tidak boleh sering dicuci.

Cobalah untuk tidak mencucinya terlalu sering, sebab jeans akan bertahan lebih lama. Jadi untuk menghindari bau yang tidak sedap di celana Anda, cukup lipat dan masukkan ke freezer untuk membunuh bakteri yang ada di celana.

Mesin cuci

Alat ini diciptakan untuk memudahkan seseorang untuk mencuci pakaian, jadi tidak perlu repot-repot menyikatnya dengan tangan. Tetapi jika Anda memasukkan jeans ke mesin cuci, itu adalah salah besar.

Mesin cuci akan membuat celana Anda cepat usang. Namun bila Anda tetap ingin mencucinya dengan mesin, atur kekuatannya menjadi 'halus'.

Deterjen

Tidak banyak yang tahu, bahwa deterjen bisa merusak serat celana jeans. Celana cukup direndam dengan air dingin dan cuka putih untuk membuat warna tahan lama dan membunuh bakteri. Penggunaan sabun, bisa menyebabkan warna pudar lebih cepat.

Cara menjemur

Sebelum mencucinya, sebaiknya Anda membalik celana. Itu dilakukan agar pewarnaan celana jeans Anda tidak cepat hilang.

Jadi jika Anda berencana untuk mencucinya di mesin cuci, jangan lewatkan kegiatan tersebut untuk mencegah warna jeans memudar.

Cara penyimpanan

Mungkin beberapa dari Anda memiliki celana jeans yang menumpuk di lemari. Bahkan di antaranya, hanya ditumpuk begitu saja.

Sama seperti baju yang lain, jeans pun mudah kusut. Tidak hanya itu, penyimpanan yang tak benar bisa membuat celana melebar dan berkeriput. Jadi lipatlah yang rapi dan atur benar-benar di lemari Anda mulai sekarang. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section