1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Tips Bedakan Kartu MicroSD Asli dengan yang Palsu

Dengan mengikuti langkah di bawah, Anda bisa terhindar dari membeli kartu microSD palsu.

By Nur Chandra Laksana 29 Januari 2016 17:28
Karu microSD (NCL/money.id)

Money.id - Jika membeli ponsel baru, mungkin ada beberapa faktor penting yang menjadi penentu Anda saat akan mengambil ponsel tersebut atau tidak. Contohnya adalah harga, kamera, dan besar kapasitas memori yang ada di ponsel.

Namun, terkadang memori yang tertanam di dalam ponsel tersbut masih dirasa kurang untuk menampung data-data kita. Salah satu solusi untuk menambah kapasitas memori adalah dengan menambahkan kartu microSD di dalam ponsel kita.

Namun, saat membeli kartu memori untuk ponsel, Anda harus berhati-hati karena sudah banyak kartu microSD palsu beredar di pasaran.

Nah, bagi anda yang tidak ingin tertipu saat membeli kartu microSD untuk ponsel kesayangan, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut.

 

Lihat Kemasan Kartu Memori yang Anda Mau Beli

Jika ingin membeli kartu microSD, hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah bungkus luar dari kartu memori tersebut.

Jika melihat gambar di atas, terlihat sekali perbedaan antara mana bungkus kartu microSD milik kingstone yang asli (kanan) dengan bungkus yang palsu (kiri).

Pada bungkus yang asli, tertulis jelas kapasitas dari kartu microSD yang ada di dalamnya. Sedangkan yang palsu, tidak terlihat tulisan berepa kapasitas kartu microSD tersebut.

Selain itu, jika melihat kualitas tulisan dan warna cetakan di pembungkus tersebut, maka pembungkus yang asli akan berwarna lebih terang, sedangkan yang palsu cenderung lebih gelap. Untuk contoh bungkus kartu memori microSD dengan merek yang lain, bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

 

 

Lihat Cetakan di atas kartu MicroSD 

Jika Anda melihat bungkus kartu microSD tersebut meyakinkan, hal yang kedua harus dilihat adalah cetakan tuisan yang ada di atas kartu microSD. Jika melihat gambar di atas, sangat bisa dibedakan mana kartu microSD yang asli dan mana yang palsu.

Kartu microSD yang asli (sebelah kiri) terlihat memiliki cetakan tulisan yang rapi dan warna yang pas. Sedangkan kartu microSD yang palsu (sebelah kanan), secara jelas terlihat memiliki tulisan yang berantakan dan warna yang terlalu terang.

Jangan tertarik harga murah

Jika Anda sedang jalan-jalan ke pusat belanja yang khusus menjual peralatan komputer dan elektronik, pasti sering melihat promo-promo kartu microSD murah di berbagai toko. Sebaiknya, Anda tidak mudah tergiur dengan penawaran murah yang diberikan oleh toko tersebut.

Jika menilik dari beberapa toko retail terpercaya di Indonesia, harga sebuah kartu microSD ternama berkisaran mulai dari harga Rp79.999 untuk kapasitas sebesar 8GB. Sedangkan untuk 16GB, biasanya mulai dijual dari harga Rp99.000.

Nah, jika Anda sudah terlanjur membeli sebuah kartu microSD dengan harga murah, tidak perlu khawatir. Anda bisa mengecek keaslian kartu microSD dengan menggunakan aplkiasi di Andoid yang bernama SD Insight.

Penggunaannya sangat mudah. Anda tinggal memasukkan kartu microSD anda ke slot di ponsel Anda, lalu masuk ke aplikasi ini. Dengan sendirinya, aplikasi ini akan mendeteksi apakah kartu yang Anda beli palsu atau asli.

Contoh gambar kartu microSD yang terdeteksi asli

Contoh gambar kartu microSD yang terdeteksi palsu

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section