1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Takut Keluar Rumah Sendirian? Coba Pakai Aplikasi Ini

Aplikasi ini cocok untuk para wanita

By Ita Malau 1 Oktober 2015 10:23
Ilustrasi aplikasi (Pixabay)

Money.id - Tak sedikit loh orang yang merasa khawatir ketika harus pergi keluar rumah seorang diri, terutama saat malam hari. Biasanya para wanita.

Ancaman keamanan dan keselamatan sudah barang pasti menjadi kekhawatiran utama. Apalagi, angka kejahatan yang makin tinggi belakangan ini.

Namun tenang saja. Di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, kekhawatiran tersebut dapat teratasi berkat keberadaan sebuah aplikasi bernama Companion Safety App.

Dikutip dari laman USA Today, Companion Safety App awalnya merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh kelompok mahasiswa dari University of Michigan yang peduli terhadap keamanan kampus. Dengan aplikasi ini mereka mencoba meredam ancaman kejahatan di lingkungan kampus, khususnya kasus serangan seksual.
 
Aplikasi yang tersedia bagi perangkat bersistem operasi iOS dan Android ini berfungsi untuk memberikan informasi terkait posisi dari titik keberangkatan hingga sampai ke tempat tujuan penggunanya.

Informasi jejak perjalanan pengguna tersebut dapat dibagikan kepada orang lain yang telah dipilih untuk menjadi "rekan" perjalanan. Rekan yang ditunjuk tersebut akan mendapatkan informasi mengenai jalur yang dilalui pengguna sampai ke tempat tujuan.

Lewat informasi lokasi GPS, rekan perjalanan akan mendapatkan notifikasi lewat SMS secara terus-menerus. Hal ini memungkinkan rekan yang dipilih untuk memantau perjalalan, sekaligus membuat estimasi waktu tempuh yang diperlukan oleh pengguna.

Menariknya lagi, Companion Safety App juka dibekali "tombol darurat". Jika pengguna aplikasi ini merasa terancam ataupun mengalami situasi darurat secara tiba-tiba, pengguna hanya perlu menekan fitur "tombol darurat" yang tersedia.

Fitur ini akan memberitahukan kondisi darurat kepada rekan --bisa lebih dari satu orang-- yang telah dipilih.

Untuk sementara, aplikasi ini masih terbatas untuk penggunaan di Amerika Serikat saja. Tak dijelaskan lebih jauh aakah aplikasi ini akan tersedia bagi pengguna Android dan iOS di negara lain atau tidak. (AM/ita)

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section