1. HOME
  2. DIGITAL
SETYA NOVANTO

Netizen Kritisi Sidang Kasus 'Papa Minta Saham' Setya Novanto

Hashtag #SidangMKD dan #PertanyaanMKD meramaikan linimasa Twitter minggu lalu.

By Adhi 7 Desember 2015 12:17
Ketua DPR, Setya Novanto

Money.id - Sidang Mahkamah Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat (MKD) terkait kasus pencatutan nama Presiden Jokowi telah digelar pada minggu lalu.

Sidang yang dihadiri oleh Menteri ESDM Sudirman Said sebagai pelapor dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin tersebut mendapat perhatian netizen dan menjadi pembicaraan hangat di media sosial. Hal tersebut ditandai dengan munculnya hashtag #SidangMKD.

Pantauan lembaga riset Politicawave selama periode 2 - 4 Desember 2015 mengungkapkan bahwa percakapan yang dilakukan netizen terkait hashtag tersebut telah menghasilkan 5,945 percakapan di kanal media sosial yang menjangkau sekitar 8,217,406 akun lainnya.

Puncak percakapan tentang hashtag ini terjadi pada tanggal 3 Desember dan dipicu oleh munculnya 2,602 percakapan tentang pendapat netizen terkait berlangsungnya sidang yang dihadiri Maroef Sjamsoeddin.

Banyak netizen yang beranggapan bahwa sidang yang diwarnai interupsi tersebut berjalan tak tentu arah.

Atas hal tersebut, banyak netizen yang kemudian meragukan kredibilitas MKD. Seperti akun @orsuy yang menulis "Ini sidang paling culun. Pertanyaan majelis banyak yg tdk berhubungan dng substansi materi laporan #SidangMKD."

Terdapat pula hashtag #pertanyaanMKD sebagai sindiran dari para netizen untuk anggota MKD yang dinilai banyak melemparkan pertanyaan tidak berkualitas dan substansial.

Seperti akun @andikoool yang menuliskan, "Saudara pengadu kenapa susu sapi gambarnya beruang iklannya naga #PertanyaanMKD."

Menurut Politicawave, terdapat total 22,699 percakapan di kanal media sosial terkait hashtag ini. Percakapan tersebut dilakukan oleh 4.283 yang menjangkau sekitar 19,902,287 akun lainnya. Layaknya hashtag #SidangMKD, puncak percakapan tentang #pertanyaanMKD ini juga terjadi pada tanggal 3 Desember.

Selain hashtag, terdapat pula beberapa petisi yang terdapat di www.change.org terkait isu ini. Petisi pertama merupakan seruan untuk memecat Ketua DPR Setya Novanto.

Sejauh ini, petisi tersebut telah mendapatkan 86.320 pendukung. Petisi kedua ditujukan untuk Ketua dan Wakil Ketua MKD DPR RI agar mengadakan sidang terbuka MKD DPR RI. Petisi tersebut telah mendapat dukungan sebanyak 42.672.

Petisi ketiga, ditujukan untuk Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, KPK, dan Kejaksaan Agung agar memeriksa dugaan pelanggaran pidana oleh Setya Novanto, M. Riza Chalid, Fadli Zon, dan Fahri Hamzah.

Sejauh ini, sudah terdapat 25.670 orang yang mendukung petisi ini. Petisi terakhir, merupakan seruan untuk memanggil paksa Riza Chalid ke persidangan dan telah mendapatkan pendukung sebanyak 60 orang.

Dengan adanya petisi dan seruan dari para netizen tersebut, diharapkan pihak MKD berkenan untuk memperbaiki kinerja dan menunjukkan kredibilitasnya.

Diharapkan pula, MKD dapat mengakomodir terciptanya persidangan yang lebih baik sehingga masyarakat akan mendapatkan jawaban, apakah Setya Novanto sebagai pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia terbukti melakukan pelanggaran kode etik dengan melakukan pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (poy)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section