1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Ini Cara Hacker Retas Akun Instagram Para Selebgram

Akun Instagram dengan jumlah followers yang mencapai hingga ribuan bahkan jutaan sangat rentan diretas. Apa alasannya?

By Dwifantya Aquina 19 Januari 2016 10:05
Ilustrasi Instagram (Dailytekk.com)

Money.id - Bagi para selebriti Instagram atau yang biasa disebut selebgram, followers adalah 'harta' yang tak ternilai. Sebab, karena banyaknya followers lah mereka bisa mendapatkan popularitas dan di-endorse oleh banyak toko online maupun brand tertentu.

Sayangnya, ribuan bahkan jutaan followers yang bertengger di akun Instagram mereka seakan menjadi sasaran empuk para hacker. Setelah diretas, maka akun Instagram para selebgram dengan mudah berpindah tangan.

Kebanyakan hacker kemudian menjual kembali akun yang mereka retas itu dengan harga yang lumayan tinggi.

Lalu, bagaimana cara agar akun Instagram dengan puluhan ribu lebih followers aman dari hacker?

Henna Artist yang juga merupakan selebgram terkemuka di Indonesia, Ima Habsyi, mengisahkan pengalamannya tiga kali diretas oleh hacker.

"Instagram aku sudah tiga kali kena hack. Pertama followers ku 80k (80 ribu), kedua 66k, ketiga 14k. Terus yang sekarang semoga nggak lagi," kata Ima Habsyi kepada Money.id di Jakarta, Selasa 18 Januari 2016.

Saat ini, Ima memiliki akun Instagram keempatnya yakni @barbie_ima dengan jumlah follower 84k.

Ima mengatakan, awal mula akunnya diretas adalah ketika banyaknya tawaran endorse dari online shop yang ingin menyewa jasanya sebagai model produk.

Ima Habsyi, Henna Artist dan Selebgram
© 2016 money.id/Instagram

"Saat itu ada satu online shop yang bilang kalau dia baru, dan mau endorse. Dia kasih link website tokonya, agar aku bisa lihat produk-produknya. Lalu aku klik link yang dia kasih itu," tutur Ima.

Ima mengaku, awalnya ia tak curiga. Namun, setelah ia klik link tersebut, muncul laman yang mirip seperti Instagram. Ia pun memasukkan nama akun dan password akun Instagram miliknya.

"Nggak berapa lama kemudian lalu aku kaget, akun Instagram aku hilang, nggak bisa aku buka. Setelah itu aku baru sadar kalau akun Instagram punyaku di-hack. Aku minta beberapa teman untuk mengembalikannya sudah tidak bisa, sedih banget waktu itu karena followers sudah banyak," ujarnya.

Gadis keturunan Arab dan Portugis ini pun mengimbau kepada para pengguna Instagram dan khususnya selebgram untuk berhati-hati dalam menerima order dan berkomunikasi dengan orang asing melalui direct message Instagram.

"Sudah banyak kejadian seperti ini, aku juga nggak tahu baiknya akun dikunci atau tidak. Karena hacker zaman sekarang sudah pintar-pintar," kata Ima.

Selain Ima, sejumlah selebgram dan hijabers berfollowers puluhan hingga ratusan ribu orang juga pernah menjadi korban hacker. Bukan hanya terpaksa harus mengumpulkan followers dari awal lagi, mereka juga kehilangan banyak tawaran endorse yang menjadi ladang mata pencaharian.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section