1. HOME
  2. NEWS
KOREA UTARA

5 Fakta Unik Tentang Korea Utara yang Jarang Diketahui

Benarkah hingga masalah model rambut mereka dibatasi?

By Dian Ardiahanni 10 November 2015 08:23
Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (North Korean Central News Agency (KCNA))

Money.id - Dalam pemberitaan di media, Korea Utara (Korut) sering kali dibahas mengenai pemerintahannya yang gemar mempromosikan alat militer dan membuat keriuhan lewat ancaman nuklirnya. Namun kenyataannya hingga kini wilayah di pantai timur China itu masih menyimpan berbagai misteri.

Tertarik untuk mengetahuinya?

Berikut adalah lima fakta menarik tentang Korut yang dilansir dari Business Insider, Senin 9 November 2015.

1. Menggunakan zona waktu sendiri

Terhitung sejak 15 Agustus lalu, Korut menggunakan zona waktu yang pernah digunakannya, kala masih berada dalam kekuasaan Jepang. Zona waktu itu dikenal dengan nama Pyongyang Standard Time.

2. Tingginya tingkat melek huruf

Central Intelligence Agency (CIA) mengungkapkan bahwa 100 persen warga di Korut melek huruf. Sebab rata-rata di usia 15 tahun, mereka bisa membaca dan menulis.

3. Membatasi jenis potongan rambut

Menurut Time, wanita Korut hanya bisa memilih satu dari 14 jenis potongan rambut. Rambut wanita yang sudah menikah cuma bisa dipotong pendek, dan perempuan lajang diperbolehkan untuk memanjangkan dan mengeritingnya.

Sedangkan untuk pria hanya boleh menumbuhkan rambutnya lebih dari lima sentimeter. Bagi pria tua bisa memanjangkan rambutnya hingga tujuh sentimeter.

4. Membobol gawang Brazil

Meskipun bukan merupakan negara sepak bola, namun Korut pernah mencetak gol ke gawang juara dunia lima kali, Brazil. Kala itu, pada pertandingan Piala Dunia 2010, skuat tim nasional Korut mencetak satu gol, meskipun pada akhirnya mereka kalah 1-2.

5. Kekuatan militer melimpah

Pasukan bersenjata di Korut, jumlahnya 2,5 kali lebih banyak dari populasi di Norwegia yang hanya 5,1 juta. Personel militer pria sebanyak 6.515.000 serta perempuan mencapai 6.418.000, dan jika ditotal mencapai 12.933.000. (dwq)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section