1. HOME
  2. NEWS
NEWS

54 Budayawan Indonesia Terima Penghargaan dari Kemendikbud

"Ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia."

By Azalia Amadea 23 September 2016 15:09
Seni tari merak (cerita-indonesia-blogspot.com)

Money.id - Bertempat di Gedung Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, digelar acara Penyerahan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2016. Penghargaan tersebut akan diberikan kepada 54 budayawan Indonesia dan akan diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.

Penghargaan tersebut terdiri dari sembilan kategori, yaitu: Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI Kelas Bintang Budaya Parama Dharma; Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI Kelas Satyalancana Kebudayaan, Pencipta, Pelopor, dan Pembaru; Pelestari; Maestro Seni Tradisi; Anak dan Remaja; Pemerintah Daerah; Media; Komunitas dan Perorangan Asing.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, penghargaan ini dibuat sebagai apresiasi terhadap para maestro seni tradisi di Tanah Air. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa para budayawan dan Kemendikbud memiliki komitmen untuk terus melestarikan serta mengembangkan budaya Indonesia.

“Ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia,” ujar Hilmar, mengutip laman kemdikbud.go.id, Jumat 23 September 2016.

Ia juga menuturkan, para maestro yang melestarikan karya seni langka dan masih aktif hingga 25 tahun atau bahkan lebih serta berusia di atas 60 tahun akan diberikan dana tunjangan hingga akhir hayat.

Pemberian Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi telah diselenggarakan Kemendikbud sejak 2012. Program tahunan ini sengaja rutin diselenggarakan Kemendikbud sebagai bentuk apresiasi seni budaya dalam rangka penguatan karakter bangsa. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section