1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Panjangkan Rambut Secara Alami, Ini Caranya

Ada cara yang lebih aman kok untuk memanjangkan rambut dengan alami.

By Dian Rosalina 10 Desember 2015 16:00
Ilustrasi Rambut Panjang (hercampus.com)

Money.id - Rambut panjang terurai adalah model favorit bagi setiap wanita. Namun beberapa wanita sering kali memilih cara instan untuk memanjangkan rambut. Misalnya ekstensi rambut.

Tahukah Anda, menambahkan rambut atau menggunakan ekstensi rambut dapat menyebabkan beberapa masalah. Seperti kerontokan rambut, merusak kulit kepala bahkan menyebabkan kebotakan.

Tetapi ada cara yang lebih aman untuk memanjangkan rambut dengan alami. Dikutip dari Marie Claire, Kamis 10 Desember 2015, berikut adalah cara untuk memanjangkan rambut secara alami dan bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala dapat membantu merangsang aliran darah ke kulit kepala. Kegiatan tersebut akan membantu menutrisi sampai ke folikel rambut lebih cepat. Alangkah baiknya bila Anda meminta bantuan teman atau keluarga untuk memberikan pijatan tersebut.

2. Memijat rambut basah

Jangan buru-buru mengeringkan rambut setelah keramas. Pijatlah kulit kepala Anda dengan ujung jari. Mulai dari bagian belakang leher, kemudian bergerak di sekitar garis rambut hingga di akhir garis.

3. Potong ujung rambut

Tak perlu memotong semua rambut hanya untuk membuatnya tampak indah. Cukup potong ujung rambut. Rambut yang sehat akan tumbuh lebih cepat dan bercabang di ujungnya. Hal itu pertanda rambut mulai rusak.

Potonglah rambut Anda satu sampai tiga sentimeter saja. Itu akan berguna untuk mencegah rambut Anda rusak dan membuat rambut tumbuh lebih cepat.

4. Vitamin

Dermatologis UCLA, Harold Lancer menyarankan untuk menggunakan vitamin pada rambut Anda setiap hari.

Vitamin tersebut berisikan campuran antioksidan dan turunan vitamin B, untuk membantu meningkatkan kekuatan rambut.

Suplemen seperti biotin, yang bisa dibeli di apotek dapat mendorong kesehatan rambut dan pertumbuhan kuku. Sementara beberapa ahli perawatan rambut menyarankan menggunakan Viviscal untuk mempercepat prosesnya.

5. Kondisioner

Sampo berfungsi untuk membersihkan semua kotoran dan debu dari rambut serta kulit kepala. Sedangkan kondisioner akan menutrisi rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Penggunaan sampo dan kondisioner secara teratur saat Anda keramas akan mempercepat pertumbuhan rambut. Bila harus melewatkan kondisioner, Anda bisa menggunakan sampo setiap hari.

6. Bilas air dingin

Sebelum melangkah keluar dari kamar mandi, siramlah kepala Anda dengan air dingin selama beberapa saat.

Hal tersebut akan membantu menutup kutikula rambut dan mencegah hilangnya kelembaban rambut. Atau hindari menggunakan air panas saat keramas, karena akan melemahkan tiap helai rambut Anda.

7. Hindari pelurus rambut

Untuk membentuk rambut agar lebih indah, biasanya Anda menggunakan alat-alat pembentuk rambut. Seperti pelurus rambut, curling iron, dan hair dryer.

Tetapi mulai sekarang, Anda harus menghindari alat-alat tersebut karena akan membuat rambut semakin rontok dan kering. Rambut yang tidak sehat akan memperlambat pertumbuhan rambut. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section