1. HOME
  2. FRESH
UNIK

3 Nama Tempat di Luar Negeri yang 'Indonesia Banget'

Pernah dengar ada nama kota Tempe di luar negeri? Baca di sini biar tidak penasaran.

By Dwifantya Aquina 18 November 2015 11:42
Kota Tempe di Arizona, Amerika Serikat (Wordpress)

Money.id - Beberapa kata dari bahasa Indonesia ternyata menjadi nama tempat di luar negeri. Sebenarnya memang bukan hal baru, sebab beberapa nama tokoh tanah air seperti Soekarno. Tercatat ada dua negara yang mengambil nama presiden pertama Indonesia ini sebagai nama jalan di negaranya yakni Maroko dan Pakistan.

Selain itu ada juga yang karena kecintaan terhadap budaya Indonesia di Belgia dibangun sebuah taman Indonesia yang menghadirkan sejumlah bangunan yang lekat dengan budaya Indonesia.

Apa saja nama tempat yang 'Indonesia banget' di luar negeri, berikut ulasan yang dirangkum Money.id dari berbagai sumber.

Kota Tempe

Tempe adalah makanan berprotein tinggi yang dibuat dari kacang kedelai. Itu di Indonesia. Bagaimana di Amerika Serikat? Ternyata Tempe adalah nama sebuah kota Maricopa County, Arizona, Amerika Serikat. Pada tahun 2008 Kota Tempe memiliki populasi penduduk sekitar 175.000 jiwa.

Kota Tempe terletak di bagian timur lembah Phoenix Metropolitan Area yang dibatasi oleh Phoenix dan Guadalupe di sebelah barat, Scottsdale di utara, Chandler di selatan, dan Mesa di sebelah timur. Kota tempe merupakan lokasi kantor pusat dari grup penerbangan Amerika US Airways Group serta memiliki kampus Arizona State yang tertua dan terbesar di Arizona.

Sungai Gila

Jangan sembarangan menyebut kata gila di Indonesia. Sebab, gila berarti gangguan jiwa dalam bahasa. Tapi, lagi-lagi nama ini menjadi unik ketika digunakan sebagai sebuah nama sungai di Amerika Serikat. Sungai tersebut terletak di Arizona.

Arizona adalah Negara bagian AS yang terletak di barat daya. Arizona sangat terkenal dengan keindahan alamnya seperti gurun dan sungai. Uniknya Arizona memiliki sungai bernama Gila. Sungai ini adalah anak sungai Colorado yang letaknya berada di antara New Mexico dan Arizona. Sungai Gila memiliki panjang 650 mil atau 1.000 km. Wow!

Soekarno

Tercatat ada dua negara yang mengambil nama presiden pertama Indonesia ini sebagai nama jalan di negaranya, yakni Maroko dan Pakistan. Di Maroko, nama Soekarno diabadikan menjadi nama Rue Soukarno. Selain nama Soekarno, di negara ini pun juga ada nama Jalan Jakarta. Kabarnya, Maroko terkesan dengan sosok Soekarno, sehingga peresmian jalan itu pun mengundang langsung Soekarno ke Maroko pada 2 Mei 1960 untuk menggunting pita nama jalannya itu.

Selain di Maroko, nama Soekarno juga terkenal di Pakistan, setidaknya ada dua tempat yang diberi nama Soekarno di Pakistan yaitu Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar di Lahore. Sama halnya dengan Maroko, Pakistan sangat segan kepada sosok Soekarno. Bahkan, hingga kini kalangan militer Pakistan masih ingat jasa Soekarno yang mengirim TNI Angkatan Laut (AL) berpatroli di laut selatan Pakistan saat konflik memanas antara Pakistan dan India pada 1965 lalu.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section