1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Tips Bikin Gado-gado Nikmat dari Pemilik "Gado-Gado Boplo"

Jika ingin sajian gado-gado Anda nikmat seperti "Gado-Gado Boplo", ikuti tips berikut ini.

By Azalia Amadea 13 Februari 2016 09:00
Ilustrasi sajian gado-gado nikmat (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Gado-gado merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang berasal dari Jakarta. Dalam bahasa Jawa dan Sunda, gado-gado dikenal dengan nama "lotek."

Gado-gado pada umumnya merupakan makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran rebus dibubuhi bumbu kacang ulek.

Gado-gado juga dilengkapi dengan rebusan thu, tempe, telur dan kentang, serta kerupuk atau emping.

Di Jakarta ada banyak penjual gado-gado, mulai dari yang gerobakan hingga restoran. Namun ada kalanya kita ingin membuat gado-gado sendiri di rumah. 

Jika Anda berniat membuat gado-gado sendiri, simak tips dari pemilik "Gado-Gado Boplo" Calvin Hartono berikut ini.

1. Cuci bersih sayuran
Hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah mencuci bersih segala bahan-bahan yang akan dipakai. "Pertama-tama sayur harus dicuci bersih beberapa kali," kata Calvin kepada Money.id di Jakarta, Kamis 11 Februari 2016.

Dengan mencuci, maka sayuran yang akan kita olah terjamin kebersihannya. Makanan yang bersih merupakan makanan yang sehat.

2. Setelah dipotong langsung rebus sayur
Setelah dicuci bersih, selanjutnya potong-potong sayuran tersebut. Ketika sayur sudah dipotong sebaiknya langsung cepat direbus agar sayuran tidak berubah menjadi kehitaman. "Ketika sayuran sudah dipotong-potong, sebaiknya langsung direbus," kata Calvin.

3. Jangan rebus sayur terlalu lama
Sayuran yang digunakan untuk gado-gado harus direbus terlebih dahulu. Namun dalam merebus sayur janganlah terlalu lama. Berapa lama waktu merebus tergantung tekstur dari sayurnya sendiri.

Jika Anda ingin merebus sayur bayam, sebaiknya jangan terlalu lama. Celupkan potongan bayam ke dalam air mendidih selama satu menit.

Tiriskan bayam dan langsung bilas dengan air dingin. Sedangkan untuk kol, Anda dapat merebusnya sedikit lebih lama karena tekstur kol yang keras.

4. Gunakan ulekan batu
Tempat mengulek bumbu kacang dalam sajian gado-gado ternyata juga dapat berpengaruh terhadap kenikmatan bumbu kacang tersebut.

Penggunaan ulekan berbahan batu dianjurkan Calvin saat membuat bumbu kacang. Campurkan juga sedikit kacang mete dalam bumbu kacang yang akan diulek. 

Setelah bumbu sudah selesai diulek, lengkapi dengan perasan jeruk limo yang sebaiknya diberikan setelah sayuran dan bumbu telah tercampur agar jeruk limo tidak terasa pahit dan wangi.

5. Lengkapi dengan kerupuk dan bawang goreng
"Tips terakhir lengkapi sajian gado-gado dengan taburan bawang goreng dan kerupuk atau emping," ujar pria berumur 48 tahun tersebut.

Taburi dengan bawang goreng dan nikmati dengan kerupuk udang serta emping.Demi melengkapi sajian gado-gado yang telah Anda buat

Semoga tips membuat gado-gado tersebut dapat membuat sajian gado-gado Anda semakin nikmat dan memanjakan lidah. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section