1. HOME
  2. STYLE & LOOK
TIPS KECANTIKAN

Periksa, Kapan Harus Membuang Kosmetik Anda

Anda wajib memeriksa peralatan make up secara berkala. Jika tidak, bisa merusak kulit Anda loh

By Dian Rosalina 24 Februari 2016 12:43
Ilustrasi Peralatan Make up (thinkpynk.com)

Money.id - Semua produk makeup pasti memiliki waktu kadaluarsa masing-masing. Namun beberapa wanita tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk membuang makeup.

Dilansir dari Time Of India, Rabu 24 Februari 2016, Anda wajib memeriksa peralatan makeup secara berkala. Jika tidak, kosmetik itu malah merusak kulit Anda.

Eyeliner

Eyeliner pensil biasanya memiliki jangka waktu yang lama untuk bertahan dibanding dengan eyeliner cair. Tetapi Anda harus tahu bahwa meski waktu kadaluarsanya panjang, eyeliner pensil harus diganti setiap tiga bulan sekali.

Cara mengetahui eyeliner yang sudah harus dibuang adalah jika bagian dalam pensil terdapat tanda titik putih. Lain lagi untuk eyeliner cair, yang bila sudah tidak berbau sedap, itu tanda saatnya harus mengganti eyeliner Anda.

Lipstik

Temukan perubahan rasa, bau dan tekstur dari lipstik. Jika Anda merasa sulit untuk menerapkan lipstik atau warna lipstik tidak lagi sama, berarti sudah saatnya Anda membuang lipstik favorit Anda dengan yang baru.

Foundation

Foundation cair ketika pertama kali dibuka hanya bertahan selama enam bulan sampai setahun. Bila terjadi perubahan warna pada cairan foundation atau mengeluarkan aroma yang berbau, sebaiknya segeralah buang foundation tersebut.

Maskara

Untuk maskara, sebisa mungkin Anda harus menggantinya setiap dua sampai tiga bulan setelah botol dibuka. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah iritasi mata.

Compact, Blush On, dan Eye shadow

Face powder atau bedak tabur normalnya bisa bertahan kurang lebih dua tahun. Namun jika ditemukan tanda perubahan warna atau tekstur berubah menjadi keras, Anda harus segera membuangnya.

Sedangkan untuk eyeshadow, perhatikan perubahan warna dan bau yang tidak sedap yang tercium dari eyeshadow. Bila sudah seperti itu, Anda harus segera membuangnya karena bila tidak sengaja diaplikasikan ke mata yang sensitif, bukan tidak mungkin bakteri akan masuk ke area mata.

Lip gloss

Sama seperti lipstik, Anda harus cermat merasakan perubahan rasa, bau, dan tekstur lip gloss. Jika lip gloss terasa lengket dan memiliki garis-garis rumpun, itu saat yang tepat untuk membuangnya. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section