1. HOME
  2. DIGITAL

Menkominfo Janji Permudah Perizinan e-Commerce

Kementerian Kominfo berupaya menyiapkan ekosistem agar e-commerce dapat lebih berkembang.

By Adhi 22 Januari 2016 17:38
Menkominfo Rudiantara di acara @5minutes for E-Commerce 2016 (dok. Kominfo.go.id)

Money.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kembali menegaskan komitmen untuk mendorong perkembangan e-commerce di Indonesia.

"Nantinya usaha e-commerce hanya cukup daftar atau akreditasi saja. Tidak perlu sampai sertifikasi, kita dorong asosiasi yang melakukan itu," ujarnya dalam diskusi terbuka @5minutes for e-Commerce 2016 di Jakarta, Jumat 22 Januari 2016.

Pangsa pasar penggunaan internet terbesar di Indonesia saat ini salah satunya adalah sektor e-commerce.

Banyak startup yang berkembang di sektor tersebut dan mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika menggagas Program 1000 Technopreneur.

"Kita ingin ada 1.000 startup pada 2019. Banyak aktivitas di Indonesia tetapi pecah-pecah. Itulah akan kita konsolidasikan juga agar further action-nya hadir," ucap dia.

Bagi Menkominfo, e-commerce selama tahun 2015 telah mendapatkan perhatian investor dari luar negeri. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo berupaya menyiapkan ekosistem agar e-commerce dapat lebih berkembang.

Beberapa hal yang disiapkan antara lain jaringan broadband sampai ke pedesaan yang akan sangat membantu, jaringan supply dan delivery dari kota besar ke kawasan timur seperti Papua dan perlakuan dalam hal pajak.

"Kita kementerian fokus banyak kerjaan yang sangat strategis. Ini light touch seperti yang disampaikan oleh Pak Tom Lembong (Menteri Perdagangan)," kata Rudiantara.

Diskusi terbuka @5minutes for E-Commerce 2016 merupakan pertemuan awal sebelum Pagelaran Indonesia e-Commerce Summit and Expo 2016 (IESE) bertajuk Transforming Towards Indonesia Digital Economy yang akan diselenggarakan idEA (Asosiasi e-Commerce Indonesia) pada April mendatang.

Turut diundang dalam diskusi ini Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Perdagangan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Dirjen Pajak dan juga mitra idEA. (poy)

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section