1. HOME
  2. DIGITAL
FILM

Film Anomalisa Dijagokan Raih Piala Oscar 2016

Dalam pembuatannya, para animator harus bekerja selama 10 jam sehari.

By Rizki Astuti 28 Februari 2016 12:37

Money.id - Anomalisa adalah sebuah film berformat animasi stop-motion karya penulis terkenal, Charlie Kaufman dan disebut-sebut sebagai calon peraih penghargaan di Academy Awards atau Oscar tahun ini.

Ditulis dan disutradarai oleh Kaufman (pemenang Oscar untuk film Adaptation and Eternal Sunshine of a Spotless Mind) dan Duke Johnson, Anomalisa sebelumnya menyabet penghargaan The Grand Jury Prize di Venice Film Festival 2015.

Dikutip dalam laman CNN,  Minggu 28 Februari 2016, sebagian film animasi ini kabarnya juga didanai situs crowdsourcing Kickstarter. Namun bukan itu yang membuat film ini layak mendapatkan Oscar tahun ini.

Film yang diwakili oleh David Thewlis dan Jennifer Jason Leigh ini dibuat secara rumit oleh para animator berdedikasi di bawah arahan Dan Driscoll.

(Film Animasi Anomalisa/cnn.com)

Dalam pembuatannya, para animator harus bekerja selama 10 jam sehari. Demi untuk mendapatkan gambar sempurna yang durasinya hanya beberapa puluh detik.

"Menghidupkan tokoh utamanya, Michael Stone dan Lisa, ke dalam alur cerita dan gerakan yang realistis tidak mudah untuk dilakukan. Saya sudah katakan kepada semua kru bahwa tidak ada syuting mudah jika menyangkut animasi stop-motion," kata Driscoll.

Driscoll mengatakan animasi stop-motion selalu melibatkan medium yang berkaitan dengan perasaan. "Segala yang Anda lihat di layar adalah kejadian nyata dan langsung, tidak ada efek atau penambahan secara digital."

Segala sesuatu mulai dari lingkaran dalam gelas martini hingga aliran air saat Michael buang air kecil dibuat dan dianimasikan secara langsung, tanpa diedit lagi secara digital.

"Bahkan syuting ketika ada refleksi Lisa di mata Michael, sebenarnya nyata dalam bola mata yang tebalnya kurang dari seperempat inci. Jadi tidak selalu mudah, pasti ada saat-saat ketika Anda tahu semua itu hanyalah boneka," Driscoll mengakui rumitnya syuting animasi stop-motion.

Dalam memproduksi film Anomalisa yang berdurasi 90 menit ini, tim Starburns Industries menghabiskan waktu dua tahun. Bahkan riscoll menyebut Anomalisa sebagai film yang serius.

"Kami benar-benar berada dalam gelap. Kami tidak tahu film ini bisa menjadi besar dan klasik."

Anomalisa mengisahkan seorang penulis paruh baya bernama Michael Stone (pengisi suara David Thewlis) yang mengalami tekanan menjelang acara peluncuran buku terbarunya, sampai ia bertemu dengan seorang wanita bernama Lisa (Jennifer Jason Leigh) yang mungkin adalah cinta sejatinya.

Meski bergenre animasi, film Anomalisa yang diedarkan Paramount Pictures ini ditujukan bagi penonton dewasa karena tema dan ceritanya yang kompleks. (els)

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section