1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Trik Bersihkan Mobil Menggunakan Cuka

Cuka dipercaya mampu mengangkat kotoran menempel pada interior maupun eksterior kendaraan.

By Rohimat Nurbaya 16 Januari 2016 06:35
Ilustrasi bersihkan mobil dengan cuka (Toyota Astra Motor)

Money.id - Ternyata cuka tidak hanya berguna sebagai bumbu masak, tapi bisa digunakan sebagai alat pembersih kendaraan. Cairan dapur dengan bau menyengat itu dipercaya mampu mengangkat kotoran menempel pada interior maupun eksterior kendaraan.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra Motor, pertama, cuka dapat membersihkan noda yang membandel baik pada dashboard atau jok.
Caranya sangat mudah, campurkan cuka bersama air dengan perbandingan sama. Kemudian ambil kain bersih kemudian celupkan. Gosok perlahan pada permukaan yang terkena noda.

Kedua, cuka dapat menghilangkan bekas lem stiker pada permukaan bodi atau kaca mobil Anda. Sisa lem ini cukup sulit untuk dibersihkan tanpa pembersih khusus. Sama seperti interior, menggunakannya hanya cukup gosok permukaan menggunakan kain yang telah diberi cuka.

Komponen krom seperti list atau velg bisa menjadi kusam meski sudah dicuci. Setelah dicuci, cukup usapkan permukaan krom dengan kain yang sudah diberi cuka.

Cuka diyakini juga bisa menghilangkan bau pada kabin mobil Anda. Bau yang kurang sedap dalam kabin terkadang tidak dapat dihilangkan hanya dengan menggunakan pengharum ruangan. Caranya, letakkan segelas cuka di dalam kabin dan biarkan semalam, bau tak sedap akan hilang.

Ketiga, cuka juga dapat membersihkan wiper mobil Anda. Membersihkan wiper dengan vinegar tak hanya menghilangkan kotoran, tapi juga mampu mengembalikan elastisitas karet wiper.

Mulai sekarang Anda bisa membeli lebih cuka atau menggunakan sisa cuka di dapur untuk membersihkan kendaraan pribadi Anda dirumah.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section