1. HOME
  2. NEWS

Wabah Corona, Jangan Cium Hewan Peliharaan

Otoritas kesehatan meminta warga tak panik.

By Ismoko 10 Maret 2020 09:09
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Otoritas kesehatan Hong Kong memperingatkan warga agar tidak mencium hewan peliharaan mereka. Imbauan itu dikeluarkan pasca hasil positif virus corona pada anjing.

Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi Hong Kong mengatakan, seekor anjing yang telah menguji " positif lemah" untuk virus Covid-19 bulan lalu telah diuji dan hasilnya positif pada pemeriksaannya.

Namun, para pejabat mencatat bahwa hewan itu masih belum menunjukkan gejala apa pun untuk virus itu.

Pemilik anjing terinfeksi virus tetapi masih belum jelas bagaimana penyakit ini ditularkan ke hewan peliharaan.

Dilaporkan Shanghaiist, pejabat kesehatan Hong Kong telah menyarankan pemilik hewan peliharaan untuk menerapkan praktik kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah menangani hewan dan tidak mencium hewan peliharaan mereka. 

WHO Membantah

Tetapi, mereka juga mendesak warga untuk tidak bereaksi berlebihan terhadap berita dan tentu saja tidak meninggalkan hewan peliharaan mereka.

Pada awal wabah koronavirus, seorang ahli kesehatan Cina menyatakan bahwa hewan dan manusia perlu dikarantina untuk menghindari penyebaran penyakit.

Beberapa desa di Cina kemudian mengambil tindakan. Di satu kota Sichuan, petugas dilaporkan telah pergi ke rumah, memerintahkan penduduk untuk menyerahkan hewan peliharaan mereka sebelumnya, diduga, memukuli hewan sampai mati.

Pekan lalu, di ibukota Hebei Shijiazhuang, seorang manajer properti dilaporkan memukuli hingga mati dua pudel milik warga. Tindakanpenuh ketakutan itu muncul karena wabah virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menolak anggapan bahwa virus dapat ditularkan oleh hewan peliharaan kepada manusia dan, sejauh ini, tidak ada bukti bahwa ini bisa terjadi. (Sumber: Dream.co.id)

 

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section