1. HOME
  2. NEWS
TAWAN

Diteliti Ahli, Tangan Robot 'Iron Man' Bali Rusak

Alat yang dia ciptakan selama dua bulan sejak tangannya mengalami kelumpuhan itu tak bisa lagi menghasilkan pundi-pundi rupiah.

By Rohimat Nurbaya 25 Januari 2016 15:05
Tawan 'Iron Man' dari Bali (Money.id/Berry Putra)

Money.id - I Wayan Sumardana alias Tawan mendadak tenar berkat temuan tangan robot ciptaannya. Pria itu dijululuki 'Iron Man' dari Bali.

Banyak orang bangga terhadap karya Tawan, namun tidak sedikit yang meragukan. Guna meyakinkan orang-orang yang ragu terhadap temuan itu, dia mempersilakan untuk meneliti tangan robot ciptaannya.

Sayang, penelitian dari para ahli justru membawa petaka bagi Tawan, alat robotik ciptaan pria asli Bali itu rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

"Alat saya rusak, terutama yang di kepala. Tidak bisa digunakan lagi," kata Tawan, Senin 25 Januari 20151.

Tawan mengatakan, alat robotik dirakit dari barang rongsokan itu, diteliti para ahli dari beberapa universitas di Bali saat berkunjung ke bengkel lasnya.

Kemudian Tawan mempersilakan para peneliti melihat alat yang dibuatnya. Awalnya Tawan tidak mempersoalkan tangan robot itu diteliti para ahli, namun usai diteliti alatnya justru malah tidak berfungsi.

Kini ayah tiga anak itu kembali mengalami kesusahan untuk mencari sesuap nasi. Alat yang dia ciptakan selama dua bulan sejak tangannya mengalami kelumpuhan itu tak bisa lagi menghasilkan pundi-pundi rupiah.

"Kesal saya tidak bisa dipakai lagi. Tadi di teliti sama ahli-ahli, malah rusak. Saya tidak bisa bekerja lagi," ucap Tawan.

Tawan pun mengaku kesal dengan apa yang telah dilakukan para peneliti tersebut. Kini dia mengaku bingung mencari nafkah untuk anak dan istrinya.

"Saya tidak bisa bekerja. Bagaimana nasib anak istri saya. Saya ancurin saja lama-lama alat ini," ujarnya kesal.

(Laporan: Berry Putra/Bali)

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section