1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Olahraga Tarian Ini Sedang Tren di Kalangan Wanita

Beberapa pusat kebugaran membuka kelas olahraga yang sangat cocok untuk wanita.

By Azalia Amadea 14 Januari 2016 09:31
Ilustrasi tarian zumba (Foto: danccce.com)

Money.id - Wanita membutuhkan olahraga, selain untuk membentuk tubuh dan menjaga kesehatan. Saat ini banyak tempat olahraga seperti gym yang menawarkan berbagai program kelas khusus wanita.

Beberapa pusat kebugaran membuka kelas olahraga yang sangat cocok untuk wanita seperti zumba, yoga, pilates, belly dance, dan shbam.

Beberapa jenis olahraga tersebut sedang tren di kalangan wanita, terutama wanita karier yang membutuhkan stamina tetap fit saat bekerja.

Saat ini pun pergi ke gym sudah menjadi gaya hidup kaum eksekutif kantoran. Mereka membuat jadwal khusus sesudah atau sebelum ke kantor.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan mengenai beberapa olahraga tarian yang sedang tren di kalangan wanita.

Zumba

Foto: danccce.com

Zumba berasal dari kata "zum-zum" yang dalam bahasa Kolumbia berarti gerakan cepat, olahraga ini sudah ada sejak tahun 2001.

Zumba merupakan olahraga yang mengawinkan antara tarian aerobik, hip-hop, salsa, samba, merengue dan bahkan tarian India seperti belly dance.

Bukan hanya sekadar olah tubuh namun juga sudah melekat sebagai tren di seluruh Indonesia. Tempat-tempat latihan zumba pun sudah menjamur, bahkan hingga di 125 negara.

Yoga

Foto: huffingtonpost.com

Yoga merupakan olahraga yang menggabungkan tentang filosofi sebuah kehidupan dengan cara olah tubuh, napas dan meditasi.

Berdasarkan delapan tangga kehidupan seperti Yama (ajaran tentang moral), Niyama (disiplin), Asana (postur), Pranayama (pengontrolan napas dengan teratur), Pratyahara (pelajaran tentang rasa), Dharana (konsentrasi), Dhyana (meditasi) dan Samadhi (pencapaian kesadaran tertinggi dari meditasi), yang akan membentuk kita sebagai manusia “baru” yang damai dan bahagia.

Belly dance

Foto: worlddancenewyork.com

Olahraga tarian ini berasal dari Maroko,Timur Tengah. Olahraga ini sangat baik untuk melatih otot perut, dan dapat meningkatkan koordinasi serta stamina tubuh.

Gerakan ini berfokus pada perut, pinggang, pinggul, dan bokong agar pada bagian-bagian tubuh tersebut lebih terlihat indah dan seksi.

Belly dance sangat cocok bagi wanita yang memiliki pinggul besar, akan semakin membuat bentuk tubuh yang ideal.

Tarian perut ini merupakan salah satu aerobik yang sangat baik karena menggerakan seluruh bagian tubuh serta meningkatkan fungsi jantung.

Pilates

Foto: jewishboston.com

Pilates merupakan salah satu cabang olahraga kebugaran yang dikembangkan pada awal tahun 2000 an.

Meski demikian, dalam beberapa tahun terakhir, olahraga ini rupanya kembali populer dan diminati banyak orang di seluruh dunia.

Pilates adalah jenis olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Pilates, seorang ahli fisika. Dia berkeyakinan bahwa kesehatan mental dan fisik mempunyai hubungan erat dengan pilates.

Untuk melakukan olahraga ini membutuhkan alat-alat seperti meja, kursi, bola elastis, dan sebagainya. Selain itu ada beberapa gerakan dalam pilates yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Sh'bam

Foto: parcfrankston.com.au

Sh'bam juga merupakan salah satu rangkaian aerobik yang berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan diri lewat tarian.

Manfaat yang ditawarkan seperti mengikuti pelatihan cirkuit dengan berbagai koreografi. Koreografi yang disajikan sangat menyenangkan seperti berputar dan meloncat.

Sh'bam merupakan cara yang sempurna untuk membentuk dan mengeluarkan aura kebintang yang ada di dalam diri Anda.

Biasanya musik-musik yang diputar adalah musik-musik yang sedang populer di zamannya. Sh'bam bermanfaat membakar lemak, meningkatkan koordinasi tubuh, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, dan meningkatkan rasa bahagia. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section