1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Makanan Ini Sebabkan Sakit bila Salah Mengolahnya

Sayuran hijau yang terlihat segar ternyata mengandung racun.

By Azalia Amadea 30 November 2015 15:35
makanan (Foto: ingredientsnetwork.com)

Money.id - Seseorang terkadanga makan apa saja dan di mana saja tanpa mempertimbangkan apakah makanan tersebut diolah secara benar atau tidak.

Kita tidak tahu bahwa makanan-makanan tersebut dapat berakibat buruk bagi tubuh apabila tidak diolah secara tepat.

Contohnya beberapa sayuran hijau yang terlihat segar ternyata mengandung racun. Seperti dilansir dalam laman health.com berikut lima makanan yang dapat menyebabkan sakit.

1. Sayuran hijau

Foto: masshealthpregnant.ga 

Salad merupakan sajian dari beberapa jenis sayuran hijau segar, makanan favorit bagi orang yang sedang menjalani diet. Namun di dalam sayuran hijau terkandung 262 wabah melibatkan 8.836 kasus penyebab penyakit sejak tahun 1998 hingga 2008.

Sayuran rentan terkontaminasi oleh bakteri, melalui air bilasan yang kotor atau Anda tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengolahnya.

Sayuran juga mudah terkontaminasi bakteri dari daging, cara untuk menghindarinya adalah ketika mengolah sayuran pisahkan talenan bekas daging dengan talenan untuk sayur.

2. Telur

Telur menjadi makanan favorit yang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan nikmat, dari telur mata sapi, telur dadar, omelet, atau campuran bahan dalam pembuatan kue.

Sejak tahun 1998 setidaknya 138 wabah yang disebabkan oleh bakteri salmonella yang terdapat dalam telur. Hindari olahan berbahan telur mentah, seperti terdapat dalam adonan kue.

3.Daging

Menurut laporan Center for Science in the Public Interest (CSPI), sejak tahun 1998 hingga 2010 sedikitnya 33.000 penyakit yang disebabkan oleh daging. Daging ayam penyebab utama dengan 455 wabah terkait dengan hampir 7.000 penyakit.

Pada agustus 2013 lebih dari 50.000 pon daging sapi ditarik karena, terkontaminasi terhadap bakteri E-coli.

Sebelum mengolahnya sebaiknya pastikan untuk mencuci terlebih dahulu hingga bersih, dan mengolahnya secara benar hingga matang merata.

4. Ikan tuna

Foto: alalali.com

Ikan ini terkontaminasi oleh bakteri scombrotoxin yang dapat menyebabkan kemerahan, sakit kepala dan keram.

Menurut senior staff attorney, Klein, kesegaran dalam olahan berbahan dasar makanan laut menjadi hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum mengolahnya.

Untuk menjaga kesegaran makanan laut seperti ikan agar tidak terkontaminasi dengan bakteri, sebaiknya ketika ikan tersebut ditangkap langsung simpan dalam pendingin.

5. Es krim

Es krim menjadi makanan penutup paling digemari banyak orang, apalagi anak-anak. Ternyata es krim telah menyebabkan 75 wabah penyakit sejak tahun 1990 hingga 2006 yang disebabkan oleh bakteri salmonella dan staphylococcus.

Infeksi juga dapat terjadi apabila dalam pebuatan es krim sendiri di rumah dengan menggunakan telur mentah. Untuk menghindari hal tersebut dalam membuat es krim pastikan proses pasteurisasi berjalan benar. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section