1. HOME
  2. LET'S COOK!

Begini Cara Mengolah Ayam ala Chef Degan

Mengolah makanan berbahan dasar ayam kadang kala membuat kita bertanya-tanya apakah langkah yang dilakukan sudah benar atau salah?

By Putri Nabilla 28 November 2015 12:25
Chef Degan (Putri / money.id)

Money.id - Sebagian besar dari kita pastinya pernah memasak ayam dengan hasil yang kurang baik. Itu dapat disebabkan oleh cara mengolah ayam yang kurang tepat sehingga menghasilkan matang pada bagian luar saja, daging bagian dalam yang masih merah, atau bahkan masih terdapat darah segar di sana.

"Pada dasarnya cara mengolah ayam itu bervariasi, bisa digoreng, direbus atau lainnya tergantung masing-masing orang, tapi yang kita harus perhatikan betul adalah tingkat kematangan dari si ayam ini sampai tidak ada darahnya. Kalau mentah juga kan artinya tidak sehat dan masih terkandung bakteri salmonella," Jelas Chef Degan saat ditemui Jumat, 27 November 2015.

Pria bernama lengkap Degan Septoadji Suprijadi itu pun membagi tips mengolah ayam dengan benar.

Pertama, yang perlu dilakukan adalah mencuci ayam sampai bersih, biasakan untuk lakukan semuanya dengan rapih dan sehat supaya terhindar dari penyakit.

Kemudian, tentukan atau perkiraan waktu yang Anda miliki untuk mengolah ayam tersebut. Ini dapat membantu Anda dalam time management kedisiplinan waktu memasak.

Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengolahnya, disarankan untuk melepaskan bagian tulang dari ayam yang diolah. Karena tanpa tulang, Anda dapat menghemat waktu dan masakan lebih cepat matang.

Ayam sebaiknya dimasak diatas temperatur 75°C, itu adalah tingkat kematangan yang pas untuk mengolah ayam.

Dan perlu Anda ketahui bahwa memasak ayam direbus dan menggunakan microwave lebih cepat matang daripada dimasak dengan menggunakan oven. Jadi lebih baik jika Anda sesuaikan dengan ayam tersebut ingin diapakan memasaknya.

Jangan lupa untuk cek selalu tingkat kematangannya. (dhi)

(a/pn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section