1. HOME
  2. V-MONEY
CEK AJA

Tips Supaya Gaji Tidak Cuma Numpang Lewat Tiap Bulan

Membuka rekening tabungan lain yang berbeda dari rekening payroll yang digunakan perusahaan.

By Febriyani 11 Maret 2016 09:10
Tips mengelola gaji (youtube.com/CekAja Indonesia)

Money.id - Apabila Anda seorang pegawai, Anda pasti pernah mengalami gaji yang cuma numpang lewat atau malah setiap bulan gaji Anda hanya bertahan satu hari karena membayar tagihan dan hutang. Jika Anda mengalami hal seperti ini, berikut ini cara mudah mengelola gaji Anda dari Cekaja.com :

1. Membuka rekening tabungan lain yang berbeda dari rekening payroll yang digunakan perusahaan. Untuk memisahkan cash flow antara pengeluaran dan tabungan. Paksa diri Anda untuk langsung menabung saat menerima gaji, minimal 10 persen dari penghasilan per bulan.

2. Buat skala prioritas mana pengeluaran yang lebih penting dalam hidup Anda. Saat ini banyak orang yang semakin sulit untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Banyak di antara kita yang terjebak dengan gaya hidup yang konsumtif.

3. Review pengeluaran Anda sehingga Anda dapat mengidentifikasi pada pos mana memiliki pengeluaran yang paling besar. Dan apakah pengeluaran tersebut masuk dalam kategori kebutuhan atau keinginan.

4. Buat pos dana darurat. Alokasikan dana yang ditabung setiap bulan untuk membentuk dana darurat. Apabila terjadi pengeluaran di luar dari anggaran, maka dana dapat diambil dari pos tersebut.

5. Mulailah berinvestasi. Jika dana darurat sudah terpenuhi, maka buatlah rencana investasi. Pilih investasi yang memang dianggap sesuai dan aman. 

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section