1. HOME
  2. V-MONEY
VIDEO

Tips Menjaga Nutrisi Saat Berpuasa

Jenis makanan yang Anda makan harus seimbang.

By Febriyani 13 Juni 2016 09:30
Berpuasa (www.rumahzakat.org)

Money.id - Menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan adalah wajib hukumnya bagi setiap umat Muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh, dalam keadaan sehat, dan tidak sedang dalam perjalanan jauh atau musafir.

Pada saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama kurang lebih 14 jam. Pada saat itu tubuh akan mengalami keadaan hipoglikemia, yakni penurunan kadar gula di dalam darah. Inilah penyebab tubuh seseorang yang sedang berpuasa menjadi lemas pada saat sore hari.

Menurut dr. Jenny, M.gizi, Sp.GK, di bulan Ramadan, jumlah makanan yang dimakan idealnya harus sama seperti pada saat tidak berpuasa. Namun perbedaannya terletak pada komposisi makanan dan jadwal makan.

Pada saat sahur, Anda dianjurkan makan dengan komposisi 40 persen, sementara pada saat berbuka puasa dengan komposisi 60 persen.

Jenis makanan yang Anda makan pun harus seimbang. Ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Agar Anda tahan lapar, makanan karbohidrat yang dianjurkan adalah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal.

 

 

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section