1. HOME
  2. V-MONEY
FOOD

Serunya Mencicipi Kuliner Khas Tabanan yang Menggoyang Lidah

Laklak pisang berbahan dasar tepung beras, tepung kanji, tepung terigu, kelapa parut, serta pisang yang dipotong tipis-tipis.

By Febriyani 23 Juli 2017 15:00
Laklak pisang (punapibali.com)

Money.id - Selain memiliki daya tarik wisata seperti wisata alam, budaya, dan sejarah, Tabanan juga memiliki beragam kuliner yang khas. Salah satunya adalah laklak pisang, berbentuk seperti crepes dengan isian pisang.

Laklak pisang berbahan dasar tepung beras, tepung kanji, tepung terigu, kelapa parut, serta pisang yang dipotong tipis-tipis. Cara pembuatannya, adonan tepung dituangkan ke atas tungku, dibuat bentuk bundar seperti crepes, kemudian taruh potongan pisang dan kelapa parut di atasnya.

Lalu, tungku ditutup menggunakan tutupan keramik, hampir sama seperti membuat serabi. Tunggu satu menit, selanjutnya laklak pisang dilipat dan siap disajikan.

Selain laklak pisang, kuliner khas Tabanan lainnya adalah kuwir nyatnyat. Kuwir sendiri merupakan sejenis unggas menyerupai bebek atau entog.

Pembuatan kuwir nyatnyat diawali dengan merebus daging kuwir. Setelah itu, daging kuwir disuwir dan dibumbui dengan bumbu campuran khas Bali, seperti lengkuas, kunyit, kencur, laos, bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Lalu diungkep selama 3,5 jam.

Proses ungkep dilakukan sampai air yang berasal dari bumbu perlahan menghilang atau tersisa sedikit. Ini yang kemudian disebut dengan nyatnyat. Kuwir nyatnyat akan terasa lebih lezat bila disantap bersama nasi merah.

(f/f)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From V-Money Section