1. HOME
  2. V-MONEY
UNIK

Perajin Bojonegoro Menyulap Aneka Kerajinan Unik dari Pelepah Pisang

Di Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pelepah pisang disulap menjadi...

By Febriyani 9 November 2016 12:00
Aneka kerajinan dari pelepah pisang (youtube.com/humasbojonegoro)

Money.id - Selain terkenal dengan kerajinan kayu jatinya, Kabupaten Bojonegoro kini memiliki kerajinan lain yang tak kalah menarik. Jika Anda mendengar kata pohon pisang, yang terlintas di pikiran Anda pasti rasa buahnya yang manis bukan? Tapi siapa sangka pohon pisang yang menghasilkan buah yang kaya akan manfaat itu juga memiliki bagian lain yang bernilai ekonomi tinggi?

Selain daun pisang yang digunakan untuk membungkus berbagai macam olahan makanan, bagian lain yang bisa dimanfaatkan dari pohon pisang adalah pelepah pisang.

Ya, pelepah pisang yang dahulu dipandang sebelah mata oleh masyarakat, kini melalui tangan terampil Balen Team Creative (BTC) di Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pelepah pisang disulap menjadi berbagai macam kerajinan dengan nilai ekonomi tinggi.

Cara pembuatan kerajinan ini tidak begitu rumit. Pertama-tama, pelepah pisang dipisahkan antara kulit bagian dalam dengan kulit bagian luar. Kemudian basahi dan tempelkan pada kertas karton dengan menggunakan lem kayu sehingga membentuk sebuah lembaran.

Dari lembaran itulah dibentuk pola dan dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Selanjutnya, potongan pola dilem sehingga membentuk aneka kerajinan yang unik.

Harga jual yang ditawarkan untuk satu buah kerajinan dari pelepah pisang ini cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp25 ribu hingga Rp75 ribu.

(f/f)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From V-Money Section