1. HOME
  2. V-MONEY
INDUSTRI KECIL

Cikal Bakal Kaos Bandung

C59 merupakan salah satu merek kaos yang terkenal di Bandung. Kaos itu merupakan pelopor kaos distro di Kota Kembang.

By Rohimat Nurbaya 11 Oktober 2015 14:00
Kaos distro Bandung C59 (Foto: Youtube)

Money.id - Industri tekstil di Bandung saat ini sudah sangat menjamur, terutama kaos-kaos distro yang menjadi sasaran pasarnya anak muda. Perkembangan industri kaos distro di Bandung sudah berjalan sejak tahun 1980-an.

Saat itu, salah satu merek kaos yang terkenal di Bandung adalah C59. Merek itu juga disebut-sebut sebagai salah cikal bakal bertebarannya kaos-kaos distro di Bandung.

Kaos C59 didirikan oleh Marius Widyarto pada 1980. Dia memulai sebuah industri rumah tangga yang bergerak di bidang pakaian, khususnya dalam penyablonan T-Shirt.

Pabrik itu awalnya didirikan di sebuah rumah yang berukuran 50 meter persegi yang terletak di Gang Caladi Nomor 59, Coblong, Kota Bandung. Bila ingin ke daerah tersebut patokannya adalah kantor Telkom Bandung dan lapangan Gasibu Bandung.

Nama C59 sendiri diambil dari nama tempat pertama kaos itu diproduksi yakni Gang Caladi Nomor 59. Pada 1990, merek C59 berkembang dengan sangat pesat dan cepat, sehingga pemiliknya mendirikan pabrik di lahan seluas satu hektar di Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section