1. HOME
  2. V-MONEY
FINANCE

Begini Proses Pembuatan Uang Rupiah

Pembuatan uang baru mempertimbangkan penggunaan security features yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi, warna, ukuran, dan desain uang.

By Febriyani 28 Januari 2016 12:00
Uang Rupiah (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Uang adalah alat tukar yang digunakan untuk bertransaksi. Tahukah Anda bagaimana proses pembuatan uang rupiah?

Perencanaan pembuatan uang baru mempertimbangkan penggunaan security features yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi, warna, ukuran, dan desain uang termasuk penentuan gambar utama.

Setelah rencana tersebut disetujui oleh Dewan Gubernur Bank Indonesia, maka ditindaklanjuti dengan langkah-langkah perencanaan pengadaan uang yang meliputi jumlah bahan uang yang akan dibeli dan jumlah uang yang dicetak, termasuk persediaan yang diperlukan.

Proses pencetakan uang dilakukan di Perum Percetakan Uang RI (Peruri), Karawang, Jawa Barat. Tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam kawasan tersebut. Orang terdaftar yang sudah membuat janji atau khusus undangan Peruri yang bisa memasuki kawasan Peruri.

Lapisan pengamanan yang ketat dimulai saat memasuki area gerbang utama Peruri. Persyaratan lainnya akan dihadapi ketika memasuki gedung produksi pencetakan uang. Berikut ini video pembuatan uang rupiah yang diunggah di YouTube oleh pemilik akun Fenomena.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section