1. HOME
  2. FOOD
  3. LET'S COOK!
FOOD

Getik Kesambi, Kuliner dari Bojonegoro yang Kaya Manfaat

Kuliner getik kesambi merupakan hidangan sehari-hari warga yang tinggal di daerah perbukitan.

By Febriyani 11 Januari 2017 16:30
Getik kesambi (youtube.com/humasbojonegoro)

Money.id - Jika Anda selama ini sudah mengenal ikan bakar klotok, ikan gloso atau soto santan, maka Anda wajib mencicipi kuliner unik yang satu ini. Ya, kuliner yang berasal dari Desa Beji, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ini bernama getik kesambi.

Bahan dasar getik kesambi adalah daun kesambi yang banyak ditemukan di kawasan hutan di Kecamatan Kedewan. Kuliner getik kesambi merupakan hidangan sehari-hari warga yang tinggal di daerah perbukitan. Selain nikmat, getik kesambi juga memiliki khasiat mengobati penyakit asam urat, pegal, dan linu.

Sebelum menikmati getik kesambi, ada beberapa proses yang harus dilakukan. Setelah daun kesambi yang masih muda dipetik dari pohon, kemudian direbus hingga matang.

Selanjutnya, daun kesambi ditiriskan dengan diremas-remas hingga air rebusan tak tersisa lagi, lalu dijemur sampai kering.

Proses penjemuran ini akan menentukan cita rasa daun kesambi saat dimasak nanti. Daun kesambi kering sebelum diolah akan direbus kembali agar rasanya semakin enak.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section