1. HOME
  2. SHOW-BIZ
INSPIRATORY BISNIS

Tips Kaya dan Sukses ala Kim Kardashian

Berfoya-foya, bukan berarti Kim Kardashian tidak ingat untuk bekerja keras.

By Ita Malau 11 Oktober 2015 15:09
Kim Kardashian (Instagram)

Money.id - Siapa yang tak kenal Kim Kardashian, selebriti dan sosialita Hollywood yang begitu populer di layar kaca. Meski begitu, hidupnya tak melulu soal berfoya-foya.

Kim juga dikenal pekerja keras dan pebisnis handal. Bagaimana tidak, perempuan 34 tahun ini merupakan produser dari tayangan reality show "Keeping Up with The Kardashian" yang baru saja diperpanjang kontraknya oleh salah satu stasiun TV internasional E! seharga US$100 juta untuk empat tahun ke depan.

Kim juga membintangi sebuah aplikasi video game yang sangat sukses dan digemari di seluruh dunia, menangani beragam proyek endorsement produk, menerbitkan buku selfie dan memiliki hampir 31 juta pengikut di akun Instagram.

Berdasarkan laporan majalah Forbes, Kim Kardashian memiliki kekayaan sebesar US$28 juta pada akhir 2014. Selain itu, ia juga masuk dalam jajaran 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Mengenai kesuksesannya, Kim mengakui semua tidak ia dapat dengan cara yang mudah. Ia pun berbagi cerita mengenai rahasia suksesnya selama ini. Menurut Kim, ada tiga hal yang mesti dilakukan untuk mencapai kesuksesan:

1. Hidup teratur. Ini sangat sederhana, namun jika tidak dilakukan, pasti akan menjadi masalah besar.
2. Tidak malas. Kenyataannya banyak sekali orang yang tidak mau bangkit dan bekerja, saya menyaksikannya sendiri orang seperti ini ada di mana-mana.
3. Jika Anda menemui sesuatu yang sungguh-sungguh disukai, jadikan itu sebagai pekerjaan. Mengerjakan sesuatu yang disukai itu sangat menyenangkan.

Di balik gemerlap kehidupan selebritis, Kim Kardashian selalu menganggap dirinya sebagai seorang pebisnis. "Ketika punya kesempatan muncul di TV, saya ingin sekaligus mempromosikan toko DASH (yang ia dirikan pada 2006 bersama adik-adiknya)," ujar Kim Kardashian.

"Saya tahu tayangan itu tidak akan bertahan terlalu lama, namun kami akan menumbuhkan perluasan usaha dan melakukan ekspansi di dunia maya."

Ia mengakui bahwa ayahnya, Robert Kardashian lah yang telah menanamkan jiwa bisnis padanya, sejak usia muda. "Sejak masih berusia 16 tahun, Ayah meminta saya untuk menandatangani kontrak. Misalnya jika merusak mobil, saya harus  bertanggung jawab untuk memperbaikinya dengan uang sendiri," tutur Kim.
 
Usaha Kim di toko DASH pun berubah drastis ketika ia menemukan cara baru dalam melakukan perdagangan. Ia menemukan eBay.

"Saya menemukan eBay dan ya saya memang suka belanja. Saat itu saya tidak punya kartu kredit untuk bertransaksi di eBay. Tapi dari sana saya memulai bisnis," ujar Kim.

Ayah

Ia berkisah bahwa transaksi eBay pertamanya ia lakukan dengan membeli sebuah sepatu Manolo Blahniks seharga US$700, menggunakan kartu kredit milik ayahnya.

"Ayah memperbolehkan saya membeli lima pasang sepatu tapi saya harus mengembalikan uang dia, beserta dengan bunganya. Untuk itu, saya menjual kembali sepatu-sepatu tersebut di eBay seharga US$2.500 tiap pasang. Saya pun menjadi sangat terobsesi ketika melihat bisa mendapat keuntungan dari sana, makanya saya akan menjual barang-barang yang tidak akan saya pakai," kata Kim Kardashian.
 
Menurut Kardashian, ia bisa meraup banyak keuntungan dari penjualan sepatu karena punya selera yang bagus dan kemampuan mumpuni untuk membaca tren yang sedang digemari orang banyak.

"Waktu itu, Manolo Blahniks pernah dipakai oleh Jennifer Lopez dalam video pertama atau keduanya. Semua orang ingin memiliki produk itu. Saya pun mendapatkannya pada waktu yang tepat, kala itu ada sebuah toko yang menjual lima pasang sepatu tersebut, dan saya langsung memborongnya," imbuh istri  Kanye West itu.
 
Sejak itu, Kardashian membuat bisnis dengan memborong semua barang dari lemari teman-teman selebritisnya, lalu menjual barang tersebut di eBay. Pada 2007, nama Kardashian jatuh akibat video seks dan tampilan bugilnya pada sebuah sampul majalah.

Namun pada akhir tahun yang sama, ia mampu segera memutar pemberitaan miring tentangnya. Stasiun televisi E! membuat reality show mengenai keluarga Kardashian dan brand dengan nama keluarga itu pun segera terbangun.
 
Martha Stewart, penulis biografi Kim Kardashian untuk 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time mengatakan, "Kim dan ketenarannya, kewirausahaan keluarganya, terjadi karena kecerdasan dan jiwa keibuannya yang tak kenal lelah untuk tidak hanya mengembangkan bisnis tapi juga meluaskan makna dari keluarga."

"Kim pun menjadi seorang kakak perempuan yang dapat membuat iri semua orang ketika melihat caranya mencintai keluarga," tulis Stewart. (ita)

Laporan: Kurnia

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section