1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS KULINER

Bisnis Makanan Jepang Halal ala Ruben Onsu

"Keuntungan itu diputar untuk membuat outlet, tanpa harus mengeluarkan uang pribadi saya."

By Rizki Astuti 13 Januari 2016 14:41
Sarwendah dan Ruben Onsu (Kapanlagi).

Money.id - Tidak sedikit artis terjun ke dunia bisnis, karena ingin menambah penghasilan. Beragam usaha didirikan dan Ruben Onsu salah satu artis yang melakoni bisnis makanan khas Jepang. 

Bisnis kuliner suami dari Sarwendah ini bernama 'Besar'. Label kuliner itu merupakan akronim dari nama mereka berdua. Lalu apa yang membuat Ruben memutuskan berbisnis kuliner?

"Awalnya sih karena kepengen punya bisnis untuk jangka waktu yang lama. Makanan bisa bertahan lebih lama, akhirnya aku pilih itu," kata ayah dari Thalia Putri Onsu itu, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 13 Januari 2016. 

Bisnis yang berusia sekitar empat bulan itu berhasil menarik masyarakat dengan deretan menu makanan Jepang halal. Mulai dari Gyudon Pakkeji, Karage Pakkeji, Combodon Pakkeji, dan Karagedon Pakkeji.

Soal harga? Tidak mahal, hanya sekitar Rp35 ribu per porsi. 

"Awalnya memang kokinya dari orang luar Indonesia. Kemudian seiring berjalannya waktu aku pake koki asli Indonesia yang sebelumnya sudah diajarkan bagaimana cara membuatnya," kata pria yang berumur 33 tahun itu.

(Salah satu menu 'Besar'/Instagram)


Dengan modal awal Rp15 juta, Ruben mengaku pendapatannya sudah mampu mengembangkan usahanya. Ya, Ruben berencana membuka empat outlet di tahun ini. 

"Lumayan (penghasilannya) karena kan bisnis makanan bisa mendapatkan (keuntungan) seratus kali lipat. Keuntungan itu diputar untuk membuat outlet, tanpa harus mengeluarkan uang pribadi saya," ujar mantan pemain Lenong Bocah itu.

'Besar' juga sering hadir dalam festival makanan. Bukan hanya itu, bagi yang ingin memesan menun 'Besar' langsung, Ruben memanfaatkan layanan Go Food dari Go-Jek, untuk diantar langsung ke rumah para pembeli.

"Para pembeli itu senang kalau kita, sebagai owner terjun langsung dalam penjualan. Jadi aku suka ada di bazar-bazar untuk melayani para pembeli. Kadang lewat layanan Gojek aku juga suka anter sendiri jadi mereka seneng," ujar dia. (els/ita)

 

(Laporan: Rizki Astuti)

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section