1. HOME
  2. SHOW-BIZ
PIALA OSCAR

Piala Oscar Berlapis Emas 24 Karat, Berapa Harganya?

Ternyata trofi Oscar bisa juga bisa dijual dan laku dengan harga...

By Stella Maris 29 Februari 2016 14:59
Piala Oscar (AMPAS)

Money.id - Piala Oscar merupakan salah satu ajang paling bergengsi yang diberikan pada para pembuat dan pemain film, khususnya di Hollywood. Mereka yang menang dalam nominasi akan mendapatkan penghargaan berupa trofi Oscar berlapis emas 24 karat.

Namun berapa harga satu piala oscar tersebut?

Dikutip laman Independent, Senin 29 Februari 2016, harga pembuatannya bervariasi alias selalu berbeda. Lebih mahal atau murah trofi Oscar, tergantung dari harga emas yang berlaku.

Pada 2011, harga satu trofi US$400, lalu 2013 harganya naik menjadi US$900 dan stabil hingga hari ini. Bila dirupiahkan harganya sekitar Rp12 juta. Namun ternyata bagi mereka yang sudah 'berlangganan' memenangkan piala Oscar, dapat menjual trofi tersebut.

Dalam laman Latimes ditulis bahwa usai mendapat penghargaan tersebut, mereka harus menandatangani perjanjian yang isinya tentang kesepakatan penjualan patung. Tempat pertama menjual patung wajib ke pihak penyelenggara acara Academy Awards, dengan harga US$1 atau sekitar Rp13 ribu.

Lelang Piala
Pada 1950, Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) membuat larangan menjual piala. Namun piala tersebut ternyata pernah dilelang.

Salah satu yang membeli trofi lelang itu adalah Michael Jackson (MJ). Dia membeli piala kategori Best Picture yang dimenangkan produser ternama oleh David O Selznick atas produksi Film 'Gone with the Wind' yang dibuat pada 1939.

Namun pada 1999 'King of Pop' itu membayar trofi tersebut dengan harga fantastis, yaitu US$1.542.500 atau sekitar Rp20,6 miliar. Piala tersebut dibeli karena MJ adalah sangat menyukai film tersebut.

Namun baru-baru ini diketahui aset paling berharga MJ itu hilang. Dalam laman Hollywood Reporter ditulis bahwa MJ menyimpan piala tersebut di kediamannya di Los Angeles.

Namun ada pula yang menyebut bahwa piala tersebut disimpan di perkebunan milik MJ di Ojai, California. Sepeninggal MJ dan hingga saat ini piala tersebut belum ditemukan, dan diduga ada anggota keluarganya yang sengaja menyimpan atau bahkan mencurinya.

"Piala itu tidak tahu ada dimana. Kami hanya ingin memiliki (trofi) Oscar karena itu adalah hak milik anak-anak Michael," ujar pengacara MJ, Jackson Howard. (ita)

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section