1. HOME
  2. SHOW-BIZ
SELEBRITI

Nadya Hutagalung Prihatin Kondisi Kuda Penarik Delman di Monas

Mantan VJ MTV itu sangat kaget ketika menemukan seekor kuda terluka parah, namun tetap 'dipaksa' menarik delman.

By Dwifantya Aquina 3 November 2015 14:04
Nadya Hutagalung (Kapanlagi.com/Hendra Gunawan)

Money.id - Supermodel dan artis Nadya Hutagalung prihatin dengan kondisi kuda yang menarik delman di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Mantan VJ MTV itu sangat kaget ketika menemukan seekor kuda terluka parah, namun tetap 'dipaksa' menarik delman.

Kekecewaan Nadya tersebut dituturkan melalui akun Facebook miliknya pada Minggu 1 November lalu, dan menjadi perbincangan hangat di dunia maya.

"Lokasi di area Monas. Menemukan seekor kuda yang tidak hanya terlihat sangat kelelahan dan kurus seperti yang lain, tapi juga memiliki luka yang sangat parah di kakinya. Binatang bukan untuk mainan," tulisnya emosional.

Gambar kuda yang terluka di Monas (Facebook Nadya Hutagalung)

Nadya diketahui sedang melakukan kegiatan syuting di sekitar Monas saat menemukan seekor kuda malang itu. Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak menaiki kuda yang terluka itu.

"Tolong jangan menaiki dan menangkap mereka karena mereka pasti dalam banyak kesakitan dan kesengsaraan," imbuhnya.

Lebih dari 1.000 netizen menyukai status Nadya, seakan setuju dengan imbauan model keturunan Batak-Australia itu. Status Nadya pun mengundang banyak komentar dan cerita pilu lainnya tentang kuda yang 'dipaksa' bekerja oleh manusia.

"Belum lama di Jogja ada kuda hamil 7 bulan masih saja dipaksa buat narik para wisatawan muter-muter sampai kudanya mati.. manusia kadang tidak punya perasaan udah tahu kuda itu mengandung 7 bulan masih saja dipaksa buat narik," tulis akun Nur Arifianto.

Sementara, akun Yasinta Reeves ikut mengkritisi peran Pemprov DKI Jakarta dalam memelihara hewan, khususnya kuda, yang dijadikan sebagai penarik alat transportasi tradisional.

"kalau tidak salah, ada program dari pemerintah kalau buat delman ada khusus buat pemeliharaan kuda, karena jadi bagian dari atraksi budaya..cuma aku lupa itu program di Jakarta ,atau kota lain ya? Kalau belum ada, kayaknya perlu tuh Pemda Jakarta.. please Pak Gubernur Ahok diperhatikan..teman-teman hati-hati jangan langsung ngejudge..biaya ke dokter hewan kuda mahal banget loh..." tulisnya.

Selain dikenal sebagai presenter dan top model, Nadya juga merupakan aktivis lingkungan dan penggiat pelestarian gajah Indonesia.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section