1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Kiat Sukses Berbisnis Ala Rianti Cartwright

"Penting banget atur startegi bisnis sendiri."

By Rizki Astuti 11 Mei 2016 17:34
Rianti Cartwright (Money.id/Rizki Astuti)

Money.id - Jatuh bangun dalam berbisnis, memang sudah dirasakan oleh artis cantik Rianti Cartwright. Bahkan dirinya membutuhkan waktu 2,5 tahun untuk mendapatkan modal yang dia keluarkan saat memulai bisnis spa.

Lalu apa yang membuat Rianti bisa terus mempertahankan bisnis Kamala Spa yang dibangun sejak 2012 itu?

Kepada Money.id, wanita berumur 32 tahun itu membeberkan kiat sukses agar bisnis berjalan seimbang. Apa saja? Simak yang berikut ini.

Passion

Berbisnis biasanya memang diawali dari sesuatu yang Anda sukai. Sama halnya dengan Rianti yang menjalankan bisnis dari spa hingga kuliner karena menyukai kedua bidang tersebut.

Karena bila Anda hanya melihat peluang tanpa tahu apa yang disuka, bisa jadi bisnis tidak akan bertahan lama.

"Kita harus kerjakan dulu apa yang dicintai. Kalau enggak ya ngapain (bisnis)," katanya.

Planning

Menurut Rianti, sebelum ataupun saat bisnis Anda sudah berjalan, cobalah untuk terus membuat planning atau rencana. Baik itu rencana dalam waktu dekat atau jauh.

Karena saat bisnis sudah berjalan, banyak hal yang akan datang tanpa diduga. Misalnya dalam mengatur strategi pegawai, tempat, promosi, dan yang lainnya.

"Banyak belajar juga, karena aku kurang planning banyak hal-hal yang jauh dari pikiran saat bisnis sudah berjalan. Penting banget atur startegi bisnis sendiri," katanya.

Risiko

Jika Anda sudah memiliki bisnis, hal itu adalah kebanggan dan kepuasan tersendiri. Namun ingat banyak risiko yang harus diharapi Anda.

Bukan hanya masalah pendapatan dalam bisnis, tetapi menurut Rianti bagaimana diri Anda mendedikasikan waktu dan tenaga untuk usaha tersebut.

"Harus lebih disiplin karena bisnis ini melibatkan banyak orang. Kita enggak dibayar tapi harus kerja lebih full time dan siap terima risiko karena enggak ada kompensasi apa-apa," tuturnya.

Baca Juga

 

(ra/ra)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section