1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS KULINER

Jualan Martabak 'Bang!' Pangky Suwito Survei Setahun

Pangky tak hanya mengejar keuntungan dalam berbisnis, dia ternyata juga...

By Stella Maris 5 Januari 2016 09:29
Pangky Suwito (Budi Santoso/Kapanlagi).

Money.id - Pangky Suwoto adalah salah satu bintang film era 70-an. Wajahnya sudah jarang muncul di layar kaca dan ternyata kini dia sibuk mengurus bisnis kuliner, yaitu Martabak Bang!

Suami Yati Octavia itu membuka bisnis itu sejak Mei tahun lalu. Namun hingga kini outletnya sudah tersebar di beberapa wilayah di Jakarta.

Dalam menjalankan bisnis ini, Pangky berlaku sebagai komisaris dan dia tak sendiri. Dia dibantu temannya Fachri Yulizar yang menjabat sebagai direktur operasional.

(Kapanlagi.com)

Terlepas dari hal tersebut, aktor lawas itu mengaku sebelum membuka usaha dia melakukan riset di lapangan, terutama setiap malam minggu.

"Saya survei selama setahun, saya tongkrongin tuh tukang martabak di Jakarta. Dari situ saya belajar bisnis ini karena jualan martabak sangat menguntungkan," ujar Pangky seperti dikutip Kapanlagi.

Pilihan Bang!
Pangky mengaku usaha yang dijalaninya ini serius. Selain rajin nongkrong, dia juga mengolah martabaknya dengan resep turun-temurun langsung dari pedagang kaki lima di Bangka.

Lalu apa yang membedakan martabak Bang! dengan martabak lainnya? Pangky menjelaskan bahwa martabaknya terkenal dengan topping dan kulitnya yang sangat krispi.

(Instagram)

Ada 11 pilihan rasa martabak manis, mulai dari klasik cokelat, Oreo, green tea, gandum almond, dan lainnya. Ada pula empat pilihan martabak mini dan empat pilihan tipis kering, dengan harga mulai dari Rp20-100 ribu.

Sementara martabak asin ada lima pilihan rasa, mulai dari daging sapi, kepiting, tuna, rendang, dan udang dengan harga Rp85-100 ribu.

Sedekah
Aktor dalam film 'Roda-Roda Gila' itu mengatakan sejak terjun ke dunia bisnis dia sudah merasakan keuntungan yang terbilang cukup meyakinkan. Meski demikian, Pangky tak hanya mengejar keuntungan dalam berbisnis.

(bangmartabak.com)

Dia mengatakan beberapa persen penghasilan martabak disumbangkan bagi mereka yang membutuhkan.

"Bismillah, 5 persen akan disumbangkan bagi yang membutuhkan. Kami juga membuka peluang bagi remaja yang putus sekolah untuk bekerja di tempat kami," kata Pangky.

"Tujuannya juga membuka lapangan pekerjaan dengan outlet kaki lima hingga mal-berstandar higienis tinggi dan ramah lingkungan. Kami juga akan mengajak komunitas anak muda Indonesia untuk terlibat dalam kreativitas pengembangan produk, pemasaran dan mitra berwirausaha." (poy)

(sm/sm)

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section