1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Cerita Dibalik Kesuksesan DAMN! I Love Indonesia

Saat itu Daniel hanya memproduksi 150 potong kaus.

By Rizki Astuti 23 Februari 2016 09:30
Daniel Mananta di Outlet Central Park, Jakarta Barat (Dwi Narwoko/Money.id)

Money.id - Daniel Mananta berhasil membawa anak muda untuk lebih cinta akan budaya Indonesia. Hal itu terbukti lewat bisnis pakaian dengan label DAMN! I Love Indonesia yang sukses bertahan selama hampir enam tahun. 

Saat berbincang dengan Money.id, Daniel mengatakan kalau dia memulai bisnisnya dengan modal Rp80 juta dan kini memiliki sembilan outlet. Modal tersebut diakuinya didapatkan dari hasil menjalani profesi sebagai MC (Master of Ceremonies).

"Lima kali MC di mana-mana untuk dapetin uang segitu. Jadi kalau gagal sayang banget. Mesti MC lagi untuk dapetin uang itu balik," ujar Daniel saat ditemui di kawasan Central Park, Jakarta Barat, Rabu, 23 Februari 2016.

Daniel bercerita, awalnya kaus produksinya hanya dijual di toko milik temannya, dengan menyewa sebuah lapak kecil. "Saya benar-benar konservatif banget waktu itu. Itu juga minta harga sewa ke temen jangan mahal-mahal," kata Daniel. 

Saat itu kausnya hanya diproduksi sebanyak 150 potong. Dalam prosesnya, dia ingin bisnisnya melangkah maju dan pasti mencapai misinya, yaitu mempromosikan budaya lokal Indonesia, dengan impact global. 

"Yang saya pelajarin dalam bisnis, jangan langsung nembakin meriam. Tapi coba tembakin peluru untuk test market," ujar pria berumur 34 tahun ini.

Strategi bisnisnya berhasil dan tepat menyasar anak muda Tanah Air. Tidak sampai sebulan, kaus produksi Damn! I Love Indonesia habis terjual. 

Namun diakuinya, butuh waktu tiga tahun dalam mengembangkan bisnis ini. "Awalnya sulit banget untuk buat ini jadi lebih besar. Selama tiga tahun selalu butuh suntikan dana. Beda kalau sekarang kita berdiri konsisten." (els)

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section