1. HOME
  2. SHOW-BIZ
DAVID BOWIE

Mendiang David Bowie Berikan Warisan Rp2,6 Triliun

Saat berusia 50 tahun, Bowie telah melakukan perencanaan keuangan demi masa depan keluarganya.

By Rizki Astuti 16 Januari 2016 18:04
David Bowie (Rogerebert)

Money.id - Musisi asal Inggris David Bowie meninggal pada Minggu 10 Januari 2016, tepat diusia 69 tahun. Ternyata saat memasuki usia ke-50 tahun, dia telah menjamin masa depan keuangan keluarganya

Perencanaan keuangan itu dilakukannya karena dia pernah mengalami masa krisis pada 1970, hingga pada 1997 Bowie kembali mendapat pekerjaan dari mantan managernya.

Hingga mencapai puncak kesuksesannya dan kini telah menutup mata, Bowie meninggalkan kekayaannya sebesar Rp2,6 triliun pada istri keduanya, Iman dan kedua anaknya.

Skema obligasi Bowie pada 1997 yang dijalankan oleh bankir di California, David Pullman akhirnya kembali ke tangan Bowie. Investor membayarkan hak royaltinya selama 10 tahun dan asuransi prudential membayar klaim 37 juta pound sterling atau sekitar Rp737 miliar, untuk 25 album pertamanya pada 1990.

"Obligasi tersebut sudah dibayarkan dan Bowie sudah memiliki semua hak ciptanya. Bowie adalah orang yang pandai mengatur uang dan dia ingin segalanya diatur, demi menjamin masa depan keluarganya," kata Pullman seperti dikutip laman Dailymail, Sabtu 16 Januari 2016.

Diketahui Bowie telah menulis lebih dari 700 lagu dan pendapatannya sebesar Rp2,7 triliun. Namun sayang, diawal kesuksesannya dia ditipu banyak orang dalam industri musik.

Kerja Keras
Bowie bukan hanya seorang penyanyi, dia juga penulis lagu, aktor, dan pandai mengaransemen musik. Bowie mendapatkan banyak uang dari tur dan penjualan rekaman.

Tiga tur Bowie dengan penghasilan terbanyak saat konser 'Serious Moonlight' pada 1983. Tiket konsernya habis terjual dengan total Rp51 miliar.

Lalu saat konser 'Glass Spider' pada 1987 sebesar 120 pound sterling atau sekitar Rp2,3 triliun. Kemudian pada 1990 saat tur 'Sound+Vision' mendapatkan Rp498 miliar. Dari ketiga turnya itu, Bowie uang yang masuk ke kantong pribadinya sebesar Rp817 miliar.

Dalam beberapa tahun terakhir kekayaan Bowie menjadi bahan sorotan media Inggris. Sebuah majalah bisnis Inggris mengklaim pada 1997 kekayaan Bowie senilai Rp11 triliun.

Sementara tahun lalu, Sunday Times merilis 'Rich List' yang memperkirakan bahwa kekayaan penyanyi ini sekitar Rp2,6 triliun.

Kerajaan bisnis Bowie sekarang beralih ke istri keduanya, Iman, model kelahiran Somalia berusia 60 tahun, yang juga menjalankan bisnis kosmetik sendiri dengan kekayaan senilai 20 juta pounds.

Anak Bowie yang menjadi produser film, Duncan Jones (44)-dari pernikahan 10 tahun dengan Angie Barnett- dan putri Alexandria (15) masing-masing akan mewarisi sejumlah besar uang ayah mereka. Ketiganya tinggal bersama Bowie dan berada di samping Bowie ketika penyanyi legendaris itu meninggal dunia karena kanker hati. (els/ita)

 

(ra/ra)

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section