1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Bisnis Spa Rianti Cartwright Baru Balik Modal Setelah 2,5 Tahun

Rianti mengakui tidak mudah membangun bisnis spa. Bahkan ia pernah kehilangan omzet selama 3 bulan.

By Rizki Astuti 6 April 2016 13:03
Rianti Cartwright (Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya)

Money.id - Selain aktif berakting di banyak judul sinetron, artis Rianti Cartwright ternyata sukses berbisnis spa. Usaha yang diperuntukan untuk wanita yang sibuk bekerja ini, berhasil menarik perhatian masyarakat.

Ya, bisnis yang diberi nama Kamala Spa itu memang memiliki kualitas yang tinggi dengan harga terjangkau. Meski begitu Rianti mengaku tidak pernah mendapatkan omzet selama tiga bulan.

"Mungkin waktu awal buat kontraktornya belum sempurna, jadi di 2014 Kamala Spa harus direnovasi lantai duanya. Kami bukan hanya kehilangan uang tapi tiga bulan nggak ada pemasukan," ujar Rianti kepada Money.id Rabu 6 April 2016 di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Kamala Spa (Instagram)

Bahkan untuk balik modal, Rianti mengaku jauh berbeda dari perkiraan sebelumnya. Butuh waktu 2,5 tahun untuk bisnis tersebut bisa berjalan seimbang.

Selain itu Rianti mengaku tetap harus membayar gaji untuk para karyawati selama tiga bulan. Meski tidak bekerja tetapi dia memanfaatkannya dengan pelatihan pijat.

"Harus tetap gaji mereka, karena kalau nggak digaji karyawannya nanti kabur. Jadi aku manfaatkan waktu itu dengan training," kata wanita berumur 32 tahun itu.

Rianti memang sangat mengutamakan kesejahteraan para karyawannya yang berjumlah 20 itu. Menurutnya karyawan sudah menjadi bagian dari keluarga.

"Tiap tahun kita adain outing, biar kami lebih dekat dengan mereka (karyawan) dan mereka juga bisa relax nikmatin (pekerjaan)," ucapnya.

Seleksi Pegawai

Selain hubungannya yang erat dengan pelanggan, dia juga menyeleksi para karyawati dengan selektif. Ia mencari karyawati khususnya yang sudah berpengalaman.

Bahkan karyawati juga perlu melakukan pelatihan selama dua bulan dengan SOP (Standart Operating Procedure) pijatan yang sesuai dengan Kamala Spa.

Kamala Spa (Instagram)

"Pada dasarnya terima yang berpengalaman. Tapi training style ala Kamala, aku tahu mereka bisa pijat tapi gayanya kan beda jadi latihan dulu," katanya.

Tak tanggung-tanggung Rianti adalah orang pertama yang menerima pijatan para karyawati untuk dinilainya.

"Dites ke aku dulu habis itu ke Belinda (partner) juga kalau kurang (enak) di training lagi sampe sesuai. Karena kan customer itu beda-beda maunya," ucap dia. (dwq)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section