1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Bisnis, Kunto Aji: Saya Berangkat dari Karya

"Passion saya adalah bisnis, musik itu hobi."

By Stella Maris 26 Januari 2016 13:31
Kunto Aji (Budi Santoso/Kapanlagi)

Money.id - Selain melalui ajang pencarian bakat, nama Kunto Aji semakin melejit sejak meluncurkan single 'Terlalu Lama Sendiri'. Dibalik kesuksesannya itu, ada cerita soal kariernya dalam berbisnis dan bermusik.

"Passion saya adalah bisnis, musik itu hobi. Terjun ke industri musik gara-gara ajang pencarian bakat, terus saya memutuskan streak di dunia musik. Tapi jiwa bisnis saya tidak bisa diam," kata Aji saat berbincang dengan Money.id, Selasa 26 Januari 2016.

Sempat mencari sekolah bisnis di Yogyakarta tapi belum ada yang sesuai, akhirnya Aji mengambil kuliah di Akademi Akuntansi YKPN. Selama itu pula, Aji mempelajari sistem manajemen yang baik, lalu dia mulai mengaplikasikan pada hidupnya.

(Kunto Aji di Java Jazz Festival 2015
Kapanlagi/Bambang E Ros)

Bagi pria berusia 29 tahun itu, berbisnis dalam dunia musik bukan hal yang mudah dilakukan. Ketika berada di ranah musik, dia menempatkan diri sebagai seniman, dan sebaliknya, saat menjadi bussinesman Aji berusaha menjadi pebisnis.

"Saya lawan orang-orang yang berpikiran bisnis di tengah kesenian, tidak boleh dirusak keseniannya. Makanya saya berangkat dari seni, saya berangkat dari karya. Setelah itu baru masalah bisnis dipikirkan," tegas dia.

Setelah karya dihasilkan, pria berambut kribo itu langsung memikirkan masalah marketing dan sebagainya. "Jadi bagaimana kita bikin karya yang jualan dan selama saya mempelajari (ilmu manajemen di bangku kuliah), saya bisa bikin karya, saya tahu arah (pasar) kemana."

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section