1. HOME
  2. SHOW-BIZ
BISNIS ARTIS

Selain Jadi Aktor, Pesinetron ini Sukses Jualan Bawang 'Baper'

Label usaha itu sengaja dipilih karena kata 'baper' tengah menjadi tren dan ear catching.

By Rizki Astuti 3 Februari 2016 08:10
Aiman Ricky (Instagram)

Taburan bawang goreng yang renyah, gurih, dan garing sering menjadi bumbu pelezat di setiap makanan. Namun siapa sangka bawang goreng justru dijadikan lahan bisnis oleh aktor tampan, Aiman Ricky Firmansyah.

"Banyak temen-temen artis yang udah jual clothing-an. Tapi aku mau anti-mainstream, jadi mending jual bawang," kata Aiman yang ditemui Money.id, baru-baru ini.

Produk yang dijual adalah Baper atau kepanjangan dari Bawang Pedas Renyah. Label usaha itu sengaja dipilih karena kata 'baper' tengah menjadi tren dan ear catching.  Ide bisnis itu muncul dari kesehariannya di lokasi syuting.

"Kalo di lokasi kan makanannya standar aku pikir, kalau ditambah (baper) ini jadi lebih enak," kata dia. 

(Baper rasa pedas/Instagram)

 

Dengan modal awal sebesar Rp10 Juta, Aiman menjalankan bisnis itu, dibantu sang kakak dalam proses pembuatan bawang gorengnya. Awalnya dia hanya menjual original (asin) saja. Namun demi menarik pelanggan Baper dimodifikasi hingga produknya terbang ke negeri tetangga.

"Ada pedas dan teri. Jadi kalau dihitung dari Oktober (2015), udah kejual 3000 botol. Kejual  sampai ke Sulawesi, Makassar, dan Dubai juga ada," ujar Aiman.  

Dalam penjualan Baper, Aiman membatasi stok karena bawang ini hanya bertahan selama satu bulan saja. Maklum saja, kata dia, produk yang dia jual tidak menggunakan bahan pengawet." Tapi stok paling lama dua minggu, barangnya abis."

(Baper pedas siap dikirim/Instagram)

Sebelum memutuskan berjualan bawang, pria berusia 29 tahun itu sempat melakukan riset dan survei pasar lebih dulu. Riset itu dilakukan dari sosial media dengan membandingkan bawang produksinya dengan bawang lain. Tujuannya tak lain untuk mengetahui keunggulan hasil buatannya. 

Selain itu Aiman juga terjun langsung dalam hal desain dan kemasan. "Aku mau ilmu saat kuliah advertising terpakai," katanya. 

Dengan berat bersih 150 gram, Baper dijual dengan harga Rp49 ribu per botol. Tapi jangan khawatir dengan harganya, Aiman meyakinkan bahwa kualitas produknya lebih unggul dibanding yang lain. (els/ita)

 

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section