1. HOME
  2. SHOW-BIZ
DESIGNER

Keren! Rancangan Kebaya Asri Welas Mendunia

Asri mendapatkan tawaran dari Jepang untuk membuat butik dengan nama yang serupa.

By Rizki Astuti 22 Maret 2016 13:45
Asri Welas (Kapanlagi/Budi Santoso)

Money.id - Kecintaan pada dunia mode, membuat Asri Welas terus membangkitkan karyanya lewat desain kebaya. Artis sekaligus penyiar radio ini ternyata sudah menggeluti bisnis fashion sejak 2009.

Dalam bisnis ini, Asri bukan hanya sebagai penanam modal, tapi juga desainer. Dia bercerita, profesi ini dia lakoni karena hobi menjahit sejak kecil. Ibunya yang lihai di bidang inipun menjadi insipirasi.

Meski bisnisnya sudah berjalan lama, namun Asri mengaku masih terjun langsung dalam setiap pesanan konsumen, mulai dari mengukur, memilih bahan, hingga menjahit. Hal itulah yang ternyata membuat butik bernama House of Asri Welas ini dibanjiri para pelanggan.

"Karena kan saya sendiri yang memproduksi kebaya dan batik. Itu yang harus dijaga terus. Baru-baru ini, aku buatkan baju pengantin untuk duta besar Timor Leste. Alhamdulillah dia senang dengan hasil yang aku buat," ujar Asri saat ditemui Money.id, Selasa 22 Maret 2016 di kawasan Adityawarman, Jakarta Selatan.

Selain itu, Asri juga sering membantu teman-teman artis untuk merancang baju pengantin tradisional dan sakral. Salah satunya adalah Fitri Tropica.

"Saya kasih tahu, setiap baju adat pernikahan itu ada doanya yang bikin derajatnya naik, dan rezeki bertambah setelah menikah. Coba pakai gaun, nggak ada. Bahkan bisa kasih rezeki ke orang lain yang membuat kain batiknya," kata ibu satu anak ini.

Karier Asri di industri mode kian menanjak. Dia sering mengikuti ajang fashion show baik di dalam negeri maupun luar negeri, bahkan mendapatkan tawaran dari Jepang, untuk dibuatkan butik dengan nama yang serupa.

"Masih running, ada tujuh orang Jepang yang minta saya untuk buka di sana. Belum lama ini juga ada tawaran untuk produksi di Amerika. Dari sini terbukti, produk lokal bisa mengglobal, bukan cuma saya, tapi semuanya," ujar wanita bernama lengkap Asri Prawati ini.

Kain Perca Jadi Tank Top
Asri lantas bercerita bagaimana awal mula dia bersinggungan dengan dunia mode. Tahun 2007, dia mengaku masih membuat desain tank top.

Bermodalkan sisa kain perca dan brukat, Asri yang kala itu belum bisa membuat pola, memanfaatkan teknik draping yaitu menempel kain pada patung manekin. 

"Dulu pertama ikut fashion show, saya modelnya. Pertama artis yang beli itu Catherine Wilson. Saat itu jual Rp150 ribu. Sampai akhirnya dapat uang Rp15 juta aku bisa kontrak butik ukuran 3x6," ujar wanita berumur 37 tahun itu.

Demi mengaplikasikan ilmu jahit-menjahit, akhirnya Asri memutuskan membuat kebaya yang dibantu oleh sang mertua. Sampai saat ini butik House of Asri Welas sudah memiliki dua cabang yaitu di Depok dan di Raffles, kemudian ada juga Workshop di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Asri membanderol harga kebayanya antara Rp150 ribu hingga Rp500 ribu untuk ready to wear. "Kadang mereka punya budget berapa, terserah customer nanti saya bantu buatkan kebayanya mau seperti apa. Saya juga jual flatshoes Rp175 ribu bahannya terbuat dari negeri kita semua." (els/ita)

(sm/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section