1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Waspada! Ini Bahaya Menyalakan AC Mobil Saat Hujan

Potensi bahaya saat berkendara ketika musim hujan lebih tinggi, sehingga perlu lebih hati-hati.

By Rohimat Nurbaya 6 Februari 2016 08:50
Ilustrasi panel AC Mobil (holidayservicecenter.net)

Money.id - Potensi bahaya saat berkendara ketika musim hujan lebih tinggi, sehingga perlu memperhatikan beberapa aspek. Jangan menganggap enteng hal sepele, misalnya menyalakan AC saat hujan.

Dikutip dari laman Toyota Astra, bila berkendara saat musim hujan dianjurkan mematikan AC mobil, pasalnya fan elektrik (kipas) di bagian depan, ketika berputar dapat membuat percikan air yang membasahi mesin mobil.

Apabila ada bagian mesin, misalnya busi, koil atau CDI terkena air maka mobil akan mati atau mogok.

Fan elektrik AC mobil (Youtube)

Bila sedang melintasi jalan dengan banyak genangan air, usahakan untuk menurunkan kecepatan dan injak pedal rem setengah saja. Hal ini dilakukan supaya brake pad atau kanvas rem yang basah segera kering, pasalnya rem basah tingkat bahayanya sama dengan rem blong.

Apabila berkendara sedang hujan disarankan juga menyalakan lampu depan. Tujuannya adalah untuk memberikan sinyal kepada pengguna kendaraan lain ketika visibilitas masing-masing pengguna jalan sama-sama lemah.

Kemudian lampu tambahan atau Foglamp tidak perlu dinyalakan terus-menerus apabil tidak adak kabut yang terlihat atau tidak terlalu dibutuhkan.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section